alexametrics

4 Tips Melindungi Paru-Paru dari Bahaya Dampak Polusi

loading...
4 Tips Melindungi Paru-Paru dari Bahaya Dampak Polusi
Meningkatnya tingkat polutan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Karena tingkat polusi naik, orang harus ekstra hati-hati untuk menjaga kesehatan. (The Economic Times)
A+ A-
JAKARTA - Meningkatnya tingkat polutan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Studi juga menunjukkan bahwa paparan polusi udara partikulat dapat menyebabkan kondisi paru-paru yang serius—seperti asma, gangguan paru obstruktif kronik (PPOK)—penyakit kardiovaskular, kanker, dan masa hidup yang lebih pendek. Karena tingkat polusi terus tinggi, orang dengan gangguan pernapasan, harus ekstra hati-hati untuk mengurangi kemungkinan serangan asma.

Berikut adalah beberapa tips untuk melindungi diri dari polusi udara seperti dilansir dari Times Now News.

1. Kenakan masker


4 Tips Melindungi Paru-Paru dari Bahaya Dampak Polusi

Debu di NCR adalah alasan utama di balik kenaikan tingkat polusi, oleh karena itu, mengenakan masker saat berada di tempat umum akan sangat membantu. Gunakan masker dengan filter sub-mikron karena dapat membantu mencegah partikel debu masuk ke paru-paru. Namun, jika Anda tidak nyaman menggunakan masker, Anda dapat menutupi wajah dengan sapu tangan.

2. Konsumsi makanan sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh




4 Tips Melindungi Paru-Paru dari Bahaya Dampak Polusi

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan memerangi polusi. Jaggery mengandung zat besi yang meningkatkan kapasitas paru-paru untuk membawa oksigen melalui darah. Makanan kaya vitamin C, terutama lemon dan jeruk, membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung asam lemak omega, magnesium juga membantu tubuh melawan polutan. Pasien yang menderita masalah pernapasan dapat konsumsi madu karena dapat juga membantu membersihkan lendir. Selain itu, diet seimbang dan sehat yang terdiri dari buah-buahan musiman akan membantu mengurangi peradangan.

3. Berkumur dan uap


4 Tips Melindungi Paru-Paru dari Bahaya Dampak Polusi

Polusi dan kabut asap menyebabkan hidung tersumbat yang sangat tidak nyaman. Berkumurlah dengan air alkali setelah beraktivitas di luar ruangan. Cara ini dapat memberikan sensasi kelegaan dan menghilangkan batuk. Menggunakan uap juga membantu membersihkan hidung dan kelegaan.

4. Ramuan herbal alami dan ayurvedic


4 Tips Melindungi Paru-Paru dari Bahaya Dampak Polusi

Susu kunyit dapat membantu mengurangi peradangan. Juga, tulsi dan mimba dapat membantu mengurangi efek buruk dari polusi udara. Kunyah daun nimba dan daun tulsi di pagi hari selama 2—3 minggu. Pastikan rumah Anda memiliki tanaman tulsi untuk menyerap partikel udara. Bubuk Pippali juga membantu memurnikan paru-paru dan dapat dikonsumsi dengan air hangat.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak