alexametrics

BTS Tidak Bisa Hindari Wajib Militer

loading...
BTS Tidak Bisa Hindari Wajib Militer
Nasib para personel BTS telah diputus terkait wajib militer. Mereka tidak bisa menghindari wamil. Hal itu terungkap, setelah digelar rapat Pemeriksaan dan Penyesuaian Agenda Nasional ke-94. Foto/Istimewa.
A+ A-
SEOUL - Rapat Pemeriksaan dan Penyesuaian Agenda Nasional ke-94 telah menggelar rapat untuk meninjau berbagai agenda dinas militer. Salah satunya diskusi tentang bebas atau tidaknya bintang K-Pop yang sukses secara global, seperti BTS.

Dilansir Koreaboo, pertemuan tersebut memutuskan bahwa BTS atau grup vocal lain atau artis top lainnya tidak bisa menghindari wajib militer. Pihak terkait tidak akan mengubah standar militer yang ada saat ini. Artinya, BTS tetap akan menjalankan tugas wajib militer dan memberikan pelayanan standar yang sama.

Selama pertemuan, pemerintah mengesampingkan diskusi mereka tentang kemungkinan sebagai membebaskan atau mengubah tugas wajib bagi seniman dan atlet lain yang dapat menyebabkan masalah dengan sistem layanan alternatif lainnya. Namun, mereka mengungkapkan bahwa akan berencana untuk meningkatkan kriteria inklusi dengan meninjau keadilannya di masa depan.



Seperti diketahui, di Korea, semua lelaki berbadan sehat dituntut untuk bertugas di militer selama hampir 2 tahun. Pengecualian khusus dibuat untuk atlet yang memenangkan piala dan penghargaan di tahapan yang diakui secara global, seperti Olimpiade.

Setelah BTS meningkatkan kesadaran untuk K-Pop dan budaya Korea dengan menjadi salah satu musisi terpanas di dunia, kementerian pemerintah mulai meninjau apakah idola K-Pop harus diberikan pengecualian yang sama untuk memenangkan penghargaan dalam upacara penghargaan musik asing.

Meskipun topik tentang kemungkinan pembebasan BTS sangat diperdebatkan oleh publik dan pejabat pemerintah, para member BTS sendiri selalu mengungkapkan bahwa mereka tidak menginginkan pengecualian khusus dan menyatakan keinginan mereka untuk tetap melayani di militer seperti warga negara lainnya.

"Semua 7 anggota sangat sensitif tentang bagaimana semua perusahaan media (menggambarkan mereka) seperti mereka tidak ingin pergi ke militer. Mereka mengatakan mereka pasti akan mendaftar di militer," kata Sekretaris Departemen Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea.

Sementara itu, Jin dan Suga, salah satu member BTS dikabarkan akan mendaftar wajib militer pada tahun depan karena keduanya sedang mendekati masa akhir usia untuk pendaftaran wajib militer.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak