Pemandangan Alam Menjadi Tempat Wisata Favorit Orang Indonesia

Minggu, 22 Desember 2019 - 17:27 WIB
Pemandangan Alam Menjadi Tempat Wisata Favorit Orang Indonesia
Pemandangan Alam Menjadi Tempat Wisata Favorit Orang Indonesia
A A A
JAKARTA - Sebuah survei yang digelar YouGov menunjukkan, tempat wisata dengan pemandangan alam menjadi destinasi terfavorit masyarakat Indonesia. Survei yang melibatkan lebih dari 2.000 responden yang tersebar du seluruh Indonesia ini dilakukan untuk mengetahui preferensi traveling orang Indonesia pada 2020. Survei ini digelar pada November 2019.

Survei itu juga menunjukkan bahwa tempat wisata favorit kedua masyarakat adalah destinasi dengan dana terjangkau. Di tempat ketiga adalah tempat wisata sejarah dan warisan budaya. Selain itu, dari survei tersebut juga diketahui 8 dari 10 orang Indonesia memilih traveling pada 2020.

Hasil survei YouGov ini tidak jauh berbeda dengan survei yang digelar Pegipegi. Dari survei ini diketahui, lebih dari 78% responden memilih traveling ke destinasi yang menyajikan pemandangan yang indah. Kemudian, 62% memilih untuk traveling ke destinasi dengan biaya yang terjangkau, dan 51% memilih untuk traveling ke destinasi yang mempunyai wisata budaya dan warisan sejarah.

Untuk destinasi dengan pemandangan alam yang indah lebih banyak diminati oleh responden berjenis kelamin perempuan. Kebanyakan dari mereka sudah berkeluarga dan bekerja full time dengan persentase hingga 82%. Pada kategori ini, Raja Ampat, Gunung Bromo, Dieng, Nusa Penida dan Labuan Bajo merupakan 5 tempat wisata pemandangan alam yang paling diminati oleh responden.

Ada tiga alasan utama mengapa para responden ini memilih mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah. Sebanyak 78% ingin menikmati pemandangan alam, 77% ingin menghilangkan stress, dan 69% ingin menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja. Selanjutnya, pada traveling dengan budget terbatas, 70% responden yang menyukai destinasi dengan biaya terjangkau berjenis kelamin perempuan, dan 72% diantaranya berusia 35—44 tahun.

Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Malang dan Solo merupakan lima destinasi dengan kategori budget terjangkau yang paling banyak dipilih. Tiga alasan utama traveler memilih mengunjungi tempat wisata dengan budget terjangkau adalah 77% merasa banyak wisata murah dan bagus untuk dikunjungi. Sementara, 76% ingin mencicipi kuliner khas yang murah, dan 71% diantaranya ingin mendapatkan kemudahan akses.

Sementara, sebanyak 53% responden laki-laki paling senang mengunjungi tempat wisata sejarah dan warisan budaya. Dalam survei yang dilakukan pegipegi tersebut, Yogyakarta menjadi lokasi favorit pilihan mereka karena memiliki banyak wisata sejarah dan warisan budaya. Berdasarkan survei yang dilakukan, tiga besar lokasi favorit wisata sejarah dan warisan budaya yang diminati oleh traveler meliputi Candi Borobudur sebanyak 62%, Candi Prambanan sebanyak 56%, dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebanyak 51%.

Responden menyebutkan tiga alasan utama mereka memilih tempat wisata sejarah dan warisan budaya untuk bepergian pada tahun 2020. Sebanyak 81% ingin mengenal destinasi budaya atau sejarah secara lebih mendalam, 76% ingin menambah wawasan kebudayaan atau sejarah, dan 59% ingin mempelajari keunikan sebuah daerah.

Selain survei mengenai preferensi traveling di atas, Pegipegi juga melakukan riset untuk mengetahui kapan waktu untuk mendapatkan harga terbaik untuk melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel berdasarkan data pada tahun 2019. Hasilnya adalah rute Jakarta—Bali pada Januari dan Februari, Jakarta—Surabaya pada Januari, Februari dan Juli.

Pegipegi Travel Insight adalah survei yang bertujuan untuk mengetahui preferensi traveling masyarakat Indonesia pada tahun 2020, yang dilakukan bekerja sama dengan YouGov Indonesia. Survei ini dilaksanakan pada 21—25 November 2019 dan melibatkan lebih dari 2.000 konsumen online di 506 kota di Indonesia sebagai responden.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6907 seconds (0.1#10.140)