Bermanfaat buat Kesehatan Tubuh, Ini 5 Makanan Tinggi Vitamin B

Selasa, 01 September 2020 - 12:34 WIB
loading...
Bermanfaat buat Kesehatan Tubuh, Ini 5 Makanan Tinggi Vitamin B
Pada dasarnya, vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin berbeda, yang penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan. / Foto: ilustrasi/HealthXchange
A A A
JAKARTA - Salah satu cara terbaik untuk membangun ketahanan terhadap infeksi virus corona baru dan serangan virus lainnya adalah mengonsumsi makanan padat nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan , garis pertahanan pertama tubuh terhadap virus dan penyakit.

(Baca juga: Amankan Wildcard Kontes KDI 2020, Cindy dan Risa Lanjut ke Babak Berikutnya )

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya vitamin tertentu seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin B dan vitamin E dapat membantu sistem kekebalan melawan infeksi.

Pada dasarnya, vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin berbeda, yang penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Vitamin B tersebut di antaranya adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), biotin (B7), asam folat atau folat (B9) dan cobalamin (B12). Sedangkan manfaat vitamin B kompleks antara lain dapat membantu memperkuat sistem kekebalan sehingga mencegah atau mengurangi risiko infeksi, membantu mendukung pertumbuhan sel darah merah.

Sebagaimana dilansir Times Now News, Selasa (1/9), vitamin B kompleks juga dapat mempromosikan saraf yang tepat dan fungsi otak yang sehat, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, baik untuk pencernaan, mendukung tonus otot hingga mendukung produksi hormon dan kolesterol. Vitamin B sangat penting bagi wanita hamil dan menyusui karena membantu perkembangan otak faetal serta menurunkan risiko cacat lahir. Vitamin ini juga dapat membantu meningkatkan kadar testosteron pada pria.

Sedangkan, kekurangan vitamin B kompleks dapat meningkatkan risiko lebih tinggi terkena kondisi tertentu seperti anemia, infeksi, masalah pencernaan, neuropati perifer, masalah kulit dan lainnya. Vitamin B dapat ditemukan di sejumlah makanan. Berikut beberapa makanan yang tinggi vitamin B.

(Baca juga: New York Fashion Week Akan Berlangsung Sesuai Rencana )

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak hijau, collard dan selada romaine, adalah salah satu sumber folat tertinggi. Anda bisa memakannya mentah atau mengukusnya sebentar untuk mempertahankan nutrisi paling banyak.

2. Telur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3064 seconds (0.1#10.140)