Pentingnya Perawatan Kulit pada Pria

Jum'at, 24 Januari 2020 - 18:03 WIB
Pentingnya Perawatan Kulit pada Pria
Pentingnya Perawatan Kulit pada Pria
A A A
JAKARTA - Bukan hal aneh atau unik lagi ketika pria melakukan serangkaian perawatan, baik kulit atau wajah. Bahkan, sekarang ini banyak pria yang semakin sadar akan manfaat perawatan kulit dan wajah untuk kesehatan.

"Pria dan wanita sama-sama harus merawat wajah karena kesehatan wajah dan kulit merupakan bagian dari kesehatan tubuh yang perlu Anda jaga. Selain itu, perawatan wajah penting untuk menunjang penampilan sehingga tampak lebih bersih, segar, dan bersinar," kata Ade Fitre Kirana yang kini mengelola AFK Beautyskincare Clinic & Aestetic.

"Pria yang melakukan persiapan secara menyeluruh dapat meraih prestasi terbaik, apakah itu dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam olahraga. Hal ini merupakan kombinasi yang ideal untuk menginspirasi pria di seluruh dunia dalam meraih prestasi terbaik di kehidupan mereka,” sambungnya.

Berdasarkan riset internasional yang dilakukan Statista, lembaga penelitian independen atas permintaan Beiersdorf AG, terhadap 4.750 pria berusia 18 dan 69 tahun di 19 negara pada November 2017 dan ternyata, sebanyak 95 persen pria peduli dengan penampilan kulit mereka.

Data itu juga menyebutkan bahwa sembilan dari 10 responden menyatakan terdapat hubungan yang erat antara perasaan nyaman dengan penampilan diri sendiri dan prestasi yang mereka kejar, baik dalam pekerjaan atau prestasi olahraga.

Terakhir, 70 persen pria Indonesia melakukan persiapan sehari-hari dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit karena hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri mereka. ''Survei ini membuktikan betapa pentingnya persiapan yang menyeluruh bagi pria," ujar Ade.
Pentingnya Perawatan Kulit pada Pria

Lalu, seperti apa perawatan wajah untuk pria? Mereka bisa mengoleskan pelembut pada wajah yang akan dicukur serta gunakan alat pencukur yang tajam untuk mencegah kulit wajah terkena iritasi. Gunakan juga pelembap wajah setelah bercukur untuk menjegah iritasi dan munculnya bekas bercukur pada kulit wajah.

Selain itu, pria juga bisa menggunakan tabir surya secara teratur untuk melindungi kulit dari dampak bahaya sinar matahari terhadap kulit.
perawatan lainnya, gunakan juga produk perawatan wajah yang sesuai dengan masalah kulit yang sedang dialami saat ini. Menggunakan produk perawatan wajah pria cukup penting karena kosentrasi zat aktif pada produk perawatan kulit pria lebih tinggi sehingga lebih tepat diguanakan untuk perawatan wajah yang optimal.

Pria juga bisa memakai pelembap bibir dalam keadaan tertentu, seperti saat melakukan perjalanan jauh dengan pesawat, cuaca yang sangat panas atau justru sangat dingin agar bibir tidak kering.

Hindari penggunaan make-up kecuali pada momen-momen tertentu karena pria sering lupa membersihkan wajah dbanding wanita, sehingga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lain seperti jerawat. "Jadi, lakukanlah perawatan wajah untuk menjaga kesehatan kulit dan AFK Beauty Skincare punya solusi untuk menjadi salah satu pilihan," ujar Ade.

Namun, perawatan kulit pria dan wanita tentu berbeda. Hal ini karena sifat kulit pria dengan kulit wanita memang tidak saja. Ada beberapa perbedaannya, apa saja? (Baca juga: Musik Bisa Menjadi Sarana Terapi Kesehatan Fisik dan Mental ).

1.Kulit lebih mudah mengelupas
Kulit pria lebih mudah mengelupas dibandingkan kulit wanita. Itu sebabnya, pria harus lebih sering membersihkan wajah dan dapat menggunakan scrub pembersih wajah lebih sering dibanding wanita. Itu sebabnya, produk perawatan wajah pria biasanya memiliki kosentrasi zat pembersih yang lebih tinggi dibandingkan produk pembersih wajah wanita, sehingga lebih cocok digunakan oleh pria.

2.Pori-pori
Wajah pria memiliki pori-pori yang lebih besar dan memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini membuat wajah pria lebih mudah timbul jerawat dibandingkan wanita. Inilah mengapa pria dianjurkan mencuci wajah secara teratur, terutama setelah kegiatan aktivitas di luar rumah.

3.Siklus hormonal
Dibandingkan kulit pria, kulit wanita lebih mudah menghitam (hiperpigmentasi) karena wanita memiliki siklus hormonal yang dapat berpengaruh pada warna kulit. Karena itu, penggunaan obat pencerah wajah tidak terlalu diperlukan oleh pria dibandingkan wanita.

4.Kadar kolagen
Kulit pria mengandung kadar kolagen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit wanita. Hal ini menyebabkan kulit pria akan tampak lebih awet muda dibandingkan dengan kullit wanita. Oleh karena itu, produk-produk anti-aging jarang ditujukan untuk pria.

5.Rambut wajah
Perawatan wajah pada pria termasuk juga perawatan rambut wajah seperti kumis dan jenggot, serta cara mencukur atau trimming kumis dan jenggot. Hal ini tentunya berbeda dengan perawatan wajah pada wanita yang tidak memiiliki rambut wajah

Nyatanya, karena perbedaan karakter kulit wajah, wanita dan pria memang memiliki ketentuan berbeda dalam hal perawatan wajah.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4337 seconds (0.1#10.140)