alexametrics

Sutradara Wanita Tak Masuk Nominasi, Natalie Portman Kritik Oscar lewat Gaun

loading...
Sutradara Wanita Tak Masuk Nominasi, Natalie Portman Kritik Oscar lewat Gaun
Natalie Portman tampil mengenakan gaun Dior yang disulam dengan nama semua sutradara perempuan yang tidak dinominasikan meraih piala Oscar tahun ini. Foto/Pagesix.com.
A+ A-
LOS ANGELES - Aktris Natalie Portman membuat pernyataan bernada kritik di gelaran red carpet Oscar 2020 melalui gaun yang dikenakannya.

Saat hadir pada ajang yang dihelat di Dolby Theatre Minggu (9/2) malam waktu Los Angeles itu, Portman tampil mengenakan gaun Dior yang disulam dengan nama semua sutradara perempuan yang tidak dinominasikan meraih piala Oscar tahun ini.

Seperti diketahui, tahun ini nominator sutradara terbaik semuanya lelaki. Ada Bong Joon-ho, Sam Mendes, Todd Phillips, Martin Scorsese, dan Quentin Tarantino. Sementara sutradara wanita sama sekali tak ada yang masuk nominasi untuk kategori tersebut, padahal mereka telah membuat banyak film hits.



Nama-nama sutradara wanita yang dianggap layak mendapat tempat di kategori best director Oscar itu dijahit di tepi gaun Portman dengan huruf emas. "Saya ingin mengenalkan para wanita yang seperti tidak dikenal padahal pekerjaan mereka luar biasa tahun ini, dengan cara-cara saya yang halus," kata Portman seperti dikutip dari laman Independent.

Sebelumnya, pengumuman nominasi Oscar 2020 yang dibacakan Januari lalu sempat menimbulkan "kegemparan" ketika aktor Issa Rae mengatakan "selamat kepada orang-orang itu" usai membacakan nominasi sutradara terbaik.

Lulu Wang (The Farewell), Greta Gerwig (Little Women), Marielle Heller (A Beautiful Day in Neighbourhood), Lorene Scafaria (Hustlers), dan Alma Har'el (Honey Boy) merupakan sutradara wanita yang kerja keras serta karyanya tidak dilirik pada Oscar tahun ini.
(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak