Studi: Kurangi Risiko Serangan Jantung dengan Brokoli dan Kubis

Jum'at, 11 September 2020 - 11:29 WIB
loading...
Studi: Kurangi Risiko...
Konsumsi banyak sayuran seperti brokoli dan kubis dinilai dapat mencegah penyakit pembuluh darah yang rendah seperti serangan jantung atau stroke. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Konsumsi banyak sayuran seperti brokoli dan kubis dikaitkan dengan penyakit pembuluh darah yang rendah seperti serangan jantung atau stroke pada wanita yang lebih tua. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakuan University of Western Australia.

Penyakit pembuluh darah adalah suatu kondisi yang mempengaruhi pembuluh darah (arteri dan vena) dan dapat mengurangi aliran darah yang beredar ke seluruh tubuh.

Penurunan aliran darah ini dapat disebabkan oleh penumpukan lemak, timbunan kalsium di dinding bagian dalam pembuluh darah, seperti aorta. Dilansir Times Now News, penumpukan lemak, timbunan kalsium ini adalah penyebab utama serangan jantung atau stroke. (Baca juga: Ketimbang Flu, Stroke Lebih Mungkin Terjadi karena Covid-19 )

"Dalam penelitian kami sebelumnya, kami mengidentifikasi mereka yang memiliki asupan lebih tinggi dari sayuran ini memiliki risiko yang lebih rendah mengalami kejadian penyakit kardiovaskular klinis, seperti serangan jantung atau stroke, tetapi kami tidak yakin mengapa," kata penulis studi Lauren Blekkenhorst.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Nutrition ini, tim peneliti menggunakan data dari kohort 684 wanita Australia Barat yang lebih tua. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak sayuran memiliki peluang lebih rendah untuk memiliki penumpukan kalsium yang ekstensif di aorta mereka, penanda utama penyakit pembuluh darah struktural.

"Kami sekarang telah menemukan bahwa wanita yang lebih tua yang mengonsumsi sayuran ini dalam jumlah yang lebih tinggi setiap hari memiliki kemungkinan lebih rendah mengalami kalsifikasi ekstensif pada aorta mereka," jelasnya.

"Salah satu unsur tertentu yang banyak ditemukan dalam sayuran ini adalah vitamin K yang mungkin terlibat dalam menghambat proses pengapuran yang terjadi di pembuluh darah kita," tambah Blekkenhorst. (Baca juga: Pemeran Wanita Film James Bond, Diana Rigg Meninggal Dunia )

Wanita dalam penelitian ini yang mengonsumsi lebih dari 45 gram brokoli dan kubis setiap hari, 46% lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki penumpukan kalsium yang ekstensif di aorta mereka dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sedikit atau tanpa sayuran setiap hari.

"Itu tidak berarti bahwa satu-satunya sayuran yang harus kita makan adalah brokoli dan kubis. Kita harus makan berbagai macam sayuran setiap hari untuk kesehatan dan kesejahteraan yang baik secara keseluruhan," tulis penulis studi tersebut.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Jangan Tunggu Keluhan,...
Jangan Tunggu Keluhan, Pemeriksaan Mata Anak Perlu Dilakukan Sejak Dini
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Nunung Tekankan Pentingnya...
Nunung Tekankan Pentingnya Perawatan Alami untuk Kesehatan Tubuh dan Benjolan
Gaya Hidup Sehat Perempuan...
Gaya Hidup Sehat Perempuan Dimulai dari Deteksi Dini
Imunodefisiensi Primer...
Imunodefisiensi Primer Masih Sulit Terdeteksi, IPIPS Ungkap Fakta dan Tantangan di Indonesia
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Hidup dengan Multiple...
Hidup dengan Multiple Sclerosis, Penderita Kelihatan Baik-baik Saja meski Berjuang Dalam Diam
Asosiasi Minta Rancangan...
Asosiasi Minta Rancangan Aturan Peringatan Kesehatan Tak Bertentangan dengan UU Hak Kekayaan Intelektual
Rekomendasi
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Yeho Gathering 2026,...
Yeho Gathering 2026, Merayakan 20 Tahun Perjalanan Sekolah
Silmy Karim Dicopot...
Silmy Karim Dicopot dari Komisaris Telkom usai Tersangka KPK
Berita Terkini
Dari Iran ke Indonesia,...
Dari Iran ke Indonesia, Pesepeda Arezoo Tampil Memukau Lewat Sentuhan Ade Fitri Kirana
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Pembuktian Irish Bella...
Pembuktian Irish Bella jadi Produser di Film Horor Dosa, Tayang 11 Juni
Infografis
10 Atlet Dengan Bayaran...
10 Atlet Dengan Bayaran Tertinggi 2026: Messi Dikalahkan Petinju Canelo Alvarez
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved