Pentingnya Menyediakan Kotak Pertolongan Pertama di Rumah

loading...
Pentingnya Menyediakan Kotak Pertolongan Pertama di Rumah
Luka dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, bahkan di rumah sekali pun. Data menunjukkan bahwa 36% luka terjadi di rumah. Foto/istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Luka dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, bahkan di rumah sekali pun. Data menunjukkan bahwa 36% luka terjadi di rumah. Data ini sudah ada sebelum masa karantina di mana dianjurkan untuk tetap di rumah.

Sementara, sudah beberapa bulan terakhir menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan mengingat betapa luka bisa saja terjadi di rumah, sehingga penting untuk mempersiapkan pertolongan pertama pada luka di rumah. (Baca juga: Cara Sederhana untuk Cegah Kanker Payudara)

“Luka dapat terjadi kepada siapa saja dan kita tidak akan tahu kapan. Bahkan di rumah pun kita masih bisa tetap terluka. Untuk bisa merawat luka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki kotak pertolongan pertama dengan isi yang memadai di rumah," kata dr. Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician.

Adapun hal pertama yang bisa dilakukan adalah siapkan kotak pertolongan pertama (First Aid Kit) di rumah. Simpan kotak pertolongan pertama di tempat yang mudah dijangkau agar bisa segera digunakan saat terjadi luka. Pastikan juga periksa kelengkapan isi kotak pertolongan pertama.

Berdasarkan Alodokter, kotak pertolongan pertama adalah sarana yang harus disediakan di setiap rumah. Sesuai namanya, tujuan dari pengadaan kotak pertolongan pertama adalah sebagai langkah antisipasi dini untuk menangani cedera atau luka.



Cedera atau luka bisa terjadi secara tiba-tiba dan penanganannya pun harus cepat untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Itulah mengapa kotak pertolongan pertama sangat diperlukan.

"Kita juga harus mengerti cara untuk merawat luka dengan tepat. Luka sekecil apa pun tidak boleh dianggap remeh dan harus dirawat dengan tepat untuk mencegah terjadinya infeksi. Masih banyak orang yang belum memahami pentingnya kotak Pertolongan Pertama dan cara merawat luka yang tepat," jelas dr. Adisaputra.

Di sisi lain, letakkan kotak obat-obatan ini di tempat yang mudah digapai oleh orang dewasa, namun jauh dari jangkauan anak-anak. Pastikan juga kotak pertolongan pertama terkunci dengan aman dan berada di tempat yang sejuk dan kering. (Baca juga: Jung Hae-in dan Koo Kyo-hwan Main Bareng dalam Drama Korea Adaptasi Webtoon)

"Dengan memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka yang tepat dan dengan memiliki perlengkapan Pertolongan Pertama yang memadai, tentu diharapkan penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin,” ungkap dr. Adisaputra.

Sementara, isi kotak perlindungan pertama yang sebaiknya selalu siap sedia di rumah atau saat bepergian keluar rumah mencakup masker, pembersih tangan (hand sanitizer), sarung tangan latex (sekali pakai), gunting, pinset, termometer, obat tetes mata, obat batuk, obat sakit kepala atau flu, Hansaplast Spray Antiseptik, plester Hansaplast, salep luka Hansaplasts dan kasa steril Hansaplast.



Selain luka-luka kecil, ada kemungkinan juga mengalami luka lebih besar yang memerlukan bantuan tim medis untuk menyembuhkannya. Luka lebih besar membutuhkan perlindungan plaster yang berukuran lebih besar. Dalam waktu dekat ini, Hansaplast akan meluncurkan rangkaian produk terbaru yang dikhususkan untuk luka-luka lebih besar.

“Kita tidak bisa mencegah terjadinya luka, namun kita dapat selalu siaga dengan memastikan adanya kotak pertolongan pertama dengan isi yang memadai di rumah. Selain itu, jangan lupakan cara merawat luka yang benar agar luka cepat sembuh dan tidak terinfeksi,” ujar Sudirman Said selaku Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI).
(tdy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top