Lima Tips Mengatur Waktu agar WFH Jadi Lebih Produktif

Jum'at, 18 September 2020 - 03:13 WIB
loading...
Lima Tips Mengatur Waktu agar WFH Jadi Lebih Produktif
Sejatinya mengatur waktu kerja adalah seni yang harus dimiliki setiap orang. / Foto: ilustrasi/NPR
A A A
JAKARTA - Banyak orang sukses yang menyebut time is money. Sejatinya mengatur waktu kerja adalah seni yang harus dimiliki setiap orang . Tidak ada cara yang pasti untuk mengatur waktu. Namun menentukan skala prioritas adalah unsur penting mengatur jadwal sehari-hari.

(Baca juga: F4: Thailand Remake Meteor Garden, Siapa Saja Bintangnya? )

Terlebih saat work from home seperti sekarang ini. Tak jarang kita dituntut untuk lebih produktif dan lihai mengatur waktu. Belum lagi kalau satu hari banyak meeting project penting. Menghindari keteteran, berikut tips ampuh mengatur waktu saat work from home supaya lebih efektif.

1. Bangun lebih pagi

Lantaran kerja di rumah, terkadang masih ada yang bangun 5 menit sebelum online meeting. Sebaiknya hal seperti ini dihindari ya. Karena bangun tidur langsung kerja enggak bikin lebih produktif, malah bikin kepala pusing. Hal ini disebabkan mata yang belum siap menerima paparan cahaya gawai.

Sebelum conference call, sebaiknya bangun lebih pagi. Awali hari dengan segelas air mineral dan mandi. Sediakan waktu juga untuk sarapan dengan kadar protein yang lebih tinggi. Supaya enggak mudah lapar.

2. Tentukan spot kerja

Hindari bekerja di atas kasur. Tempatilah sudut ruangan di rumah yang kira-kira paling nyaman untuk kerja atau belajar. Boleh juga menambahkan pernak pernik lucu seperti lampu belajar, foto-foto, tanaman hias, atau bahkan cemilan sehingga belajar pun bisa lebih menyenangkan.

3. Kerja maksimal saat puncak produktivitas

Kadang tidak ada sesuatu yang sulit, yang sulit adalah memulainya. Seperti olahraga, kerja juga membutuhkan pace. Saat awal-awal berlari misalkan, Anda mungkin merasa terengah-engah di awal. Tapi semakin lama berlari, kamu menemukan irama dan menuju peak speed saat running. Bahkan kalau kalau peak, capeknya justru hilang.

Saat menemukan puncak produktivitas, Anda bisa menyelesaikan banyak tanggung jawab. Tugas Anda adalah memulai dan keep doing saja dulu. Enggak terasa, kerjaan sudah beres. Yang penting ada niat untuk memulai.

Supaya kerja makin produktif efektif dan efisien, Anda juga bisa pakai tablet dengan tambahan stylus dan smart keyboard untuk mengerjakan banyak hal. Dari bikin presentasi, membaca dokumen, corat-coret notes selama meeting, jadi bisa melengkapi device selama work frome home. Mulai dari Samsung Galaxy Tab, Apple iPad atau tablet Huawei MatePad. Jadi ada device pelengkap produktivitas untuk kerja atau bikin konten.

Salah satu fitur yang bikin makin produktif adalah perekaman audio saat mencatat di layar. Ketika harus buka notes lagi, Anda bisa memutar rekaman suara selama meeting. Jadi kalau lupa konteks soal materi yang dicatat, tinggal putar rekaman meeting.

4. Tired? Get rest!

Namanya kerja di mana pun itu pasti butuh rehat. Saat istirahat Anda bisa mengisi waktu dengan makan siang sambil streaming film atau series seru dengan tablet dari Samsung. Selain memiliki layar lega, Samsung Galaxy Tab ini juga sudah disematkan speaker ganda besutan AKG yang menjanjikan kualitas suara yang bikin nyaman gendang telinga. Selain itu juga ditanamkan teknologi Dolby Atmos 3D surround sound untuk pengalaman audio yang lebih punchy.

Supaya nonton film jadi lebih powerful lagi Anda bisa mengoneksikan tablet dengan speaker JBL atau Harman Kardon. Selain dibekali suara menggelegar, keduanya juga punya desain unik yang cocok jadi aksesoris di living room atau kamar Anda.

5. Tetapkan waktu khusus untuk special project

Bukan berarti project satu penting yang lainnya enggak. Tapi memang nggak jarang kita dihadapkan kerjaan yang butuh perhatian khusus dan treatment-nya juga spesial. enggak ada salahnya Anda menetapkan waktu atau jam tertentu untuk mengerjakannya. Apalagi saat pekerjaan tersebut membutuhkan koordinasi dari rekan setim.

Demi WFH yang lebih baik, sudah saatnya Anda investasi ke laptop dengan spesifikasi mumpuni kayak Huawei MateBook. Alih-alih menempatkan kamera di bagian bezel, Matebook memasang kamera ke tombol fungsi keyboard. Untuk melindungi privasi, tombol power Huawei MateBook juga sudah dilengkapi fingerprint. Jadi nggak sembarangan orang bisa mengoperasikan laptop kamu.

Enggak jarang saat WFH kita bisa lebih sibuk daripada kerja di kantor. Yang repot, kalau pengin belanja tapi enggak ada waktu keluar rumah. Apalagi di momen seperti sekarang, yang mana kita mesti menghindari keramaian. Untungnya sekarang sudah serba online, jadi belanja juga bisa dilakukan sembari kerja. Jadi lebih hemat waktu dan kerja jadi lebih produktif.

(Baca juga: Jisoo Blackpink dan Sehun EXO Kolaborasi dalam Proyek Mewah )

Sambil istirahat kerja, Anda bisa pantengin exhibition gadget online di Erafone Fair. Erafone juga berkomitmen menjual produk bergaransi resmi, jaminan keamanan, dan pengalaman extraordinary dalam belanja online. Karena saat berbelanja, Anda bisa dapet informasi produk yang kamu mau lewat diskusi dan product knowledge.

Ada 3 Shopping Option yang bisa dipilih saat belanja di Erafone. Belanja online dengan pengiriman reguler lewat JNE atau langsung dikirim kurir instan dari store terdekat dengan EraXPress. Anda juga bisa belanja online dan langsung ambil barangnya di toko terdekat dengan layanan ClickNPickup. Erafone juga menawarkan pilihan belanja dengan pemesanan melalui nomor WA resmi Erafone. Untuk info lebih lanjut kunjungi instagram @erafonestores.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)