4 Fakta Pneumonia pada Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Jum'at, 25 September 2020 - 09:30 WIB
loading...
A A A
4. Gunakan AKAL Sehat untuk mencegah kematian akibat pneumonia

Walaupun pneumonia terdengar mengerikan, orang tua dapat melindungi sang buah hati dengan menjalankan empat langkah sederhana AKAL Sehat untuk mencegah pneumonia, yakni Awasi bahaya pneumonia, Kenali penyebab dan gejalanya, Ayo imunisasi PCV untuk mencegah, Lakukan pada usia 2, 4, 6, dan 12-15 bulan untuk menjaga anak tetap sehat.

(Baca juga: Asah Kemampuan Deduksi Anda lewat Lima Tayangan Bergenre Misteri Ini )

Adapun cara paling efektif untuk melindungi anak-anak dari pneumonia adalah melalui imunisasi, meliputi imunisasi terhadap kuman Hib, pneumokokus, campak dan pertusis. Pneumonia yang disebabkan bakteri pneumokokus dapat dicegah dengan imunisasi pneumococcal conjugate vaccine (PCV). Seperti tercantum dalam langkah AKAL Sehat, imunisasi PCV perlu dilakukan pada usia anak 2, 4, dan 6 bulan, dengan booster pada usia 12-15 bulan. Namun, jika anak sudah melewati usia 6 bulan dan belum menerima imunisasi PCV, maka pemberian imunisasi PCV dapat dilakukan sebagai berikut :

-Usia 7-12 bulan: Imunisasi PCV dilakukan sebanyak 2 kali dengan jarak paling sedikit 1 bulan, dengan ditambah 1 dosis booster di usia 12 - 15 bulan.

-Usia 1-2 tahun: Imunisasi PCV dilakukan sebanyak 2 kali dengan jarak minimal 2 bulan.

-Usia di atas 2 tahun: Imunisasi PCV hanya dilakukan 1 kali.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)