Selama di Rumah Saja, Grab Temukan 5 Perubahan pada Masyarakat

Selasa, 05 Mei 2020 - 20:04 WIB
loading...
Selama di Rumah Saja, Grab Temukan 5 Perubahan pada Masyarakat
Berdasarkan riset yang dilakukan Grab terhadap para pelanggannya, masa social distancing telah mengubah kebiasaan orang-orang dalam lima hal. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perubahan kebiasaan dan rutinitas masyarakat Indonesia sejak virus corona mewabah menggelitik sejumlah pihak untuk melakukan riset terkait hal tersebut. Salah satunya dilakukan perusahaan transportasi daring Grab.

Sudah hampir dua bulan masyarakat dianjurkan untuk di rumah saja dan melakukan berbagai kegiatan dari kediaman. Hal itu, berdasarkan riset yang dilakukan Grab terhadap para pelanggannya, telah mengubah kebiasaan orang-orang dalam lima hal.

Berikut lima hal itu, seperti dikutip dari siaran pers yang dikirimkan Grab pada Selasa (5/5).

1. Jadi Lebih Sering Belanja Online
Data Grab menunjukkan, jumlah pesanan GrabExpress pada Maret 2020 naik 21,5% dibandingkan bulan sebelumnya. Menariknya, banyak orang yang suka belanja dari UMKM lokal, karena terdapat kenaikan pengantaran sebanyak 40% oleh social sellers (UMKM).

Titik pengantaran barang terbanyak pada bulan Maret juga berubah. Yakni area perumahan (41,5%), fasilitas kesehatan (13,6%), dan bank (12%). Sebelumnya, perkantoran dan area perumahan mendominasi titik pengantaran.

2. Jadi Suka Makan Sehat
Menjaga kesehatan sangat penting di masa-masa krisis kesehatan seperti sekarang. Hal ini membuat masyarakat Indonesia mulai beralih ke kebiasaan memesan makanan sehat. Saat jumlah pesanan makanan sehat di negara lain menurun, masyarakat Indonesia ternyata lebih memilih makanan sehat dengan kenaikan jumlah pesanan sebanyak 7,4%.

Namun, masyarakat Indonesia tetap suka ngemil. Hal itu dibuktikan dengan kenaikan jumlah pesanan snack pada layanan GrabFood sebesar 15,4%.

3. Tambah Suka Ngemil
Sejak diluncurkan di Indonesia, layanan pembelian kebutuhan harian GrabMart telah digunakan pelanggan untuk membeli berbagai kebutuhan harian, termasuk camilan. Hal ini dibuktikan dari data pemesanan GrabMart pada Maret 2020 yang naik 22% dibandingkan bulan sebelumnya.

Tiga item yang paling sering dibeli selama pandemi COVID-19 melalui GrabMart adalah es kopi, siomay ikan, dan pao ayam BBQ.

4. Makan Siang Lebih Banyak
Sebelumnya, lebih banyak masyarakat Indonesia berbelanja di GrabFood untuk kudapan sore. Sekarang, makan siang menjadi waktu di mana mereka berbelanja lebih banyak, dengan kenaikan jumlah pesanan makanan sebanyak 9,4% dalam satu kali pesan (basket size).

Ayam Goreng tetap menjadi menu terlaris selama masa kerja dari rumah, diikuti oleh es kopi dan aneka mi. Olahan ayam yang digoreng menjadi ayam geprek, ayam penyet, dan chicken katsu rupanya masih menjadi kegemaran masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu.

5. Tambah Suka Berbagi
Pada masa sulit ini, jiwa sosial masyarakat Indonesia tidak pernah hilang. Hal itu dibuktikan dari jumlah pelanggan yang memberikan tip kepada mitra pengantaran GrabFood pada Maret 2020 meningkat sebanyak 38% dibandingkan bulan sebelumnya, dan besaran tip yang diberikan meningkat sebanyak 63%. Jadi, masyarakat Indonesia tidak hanya memberikan tipping lebih sering, namun besarannya juga bertambah.

Masyarakat Indonesia juga senang berbagi. Lebih dari 5.000 mitra merchant GrabFood telah menyediakan menu spesial bagi mitra pengantaran dalam aplikasi GrabFood. Hingga saat ini, lebih dari 500.000 menu spesial bagi mitra pengantaran telah terjual.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)