Begini Cara Cegah Penyebaran Covid-19 di Tempat Umum

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 15:15 WIB
loading...
Begini Cara Cegah Penyebaran Covid-19 di Tempat Umum
Selain di tempat kerja, protokol kesehatan juga harus diterapkan di tempat umum lainnya seperti pasar atau tempat perbelanjaan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Selain di tempat kerja, protokol kesehatan juga harus diterapkan di tempat umum lainnya seperti pasar atau tempat perbelanjaan. Disamping menggunakan masker dan jaga jarak satu meter, sebaiknya hindari menyentuh wajah, hidung, mulut, dan mata selama berbelanja, dan cuci tangan setelah meninggalkan tempat belanja.

"Di India masyarakatnya sudah bisa melakukannya. Contohnya menjaga jarak ketika berbelanja," kata Dr. dr. Erlina Burhan, SpP, Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan. (Baca: Amalan Ringan yang Bisa Jadi Sebab Turunnya Rahmat Allah)

Megunakan masker merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah penularan covid-19. Ada berbagai jenis masker yang bisa digunakan, seperti masker medis, masker kain yang dianjurkan pemerintah, hingga masker N95 yang.

Sebaknya sebelum menggunakan masker, baik masker kain, medis, dan jenis masker lainnya pastikan tangan dalam keadaan bersih. Cuci tangan dengan sabun dan air. Jika tidak ada, bisa gunakan hand sanitizer yang mengandung 60 persen alkohol. (Baca juga: Peneliti Temukan Danau Air Asin di Planet Mars)

Masker harus menutupi hidung sampai mulut. Saat menggunakan masker, pastikan bagian hidung dan mulut tertutup masker dengan benar. Tidak ada celah di antara wajah dan masker, yang bisa menjadi jalan masuk virus.

Sementara untuk pencegahan penularan di kendaraan umum, selain beberapa aturan yang sudah disebutkan, dr. Erlina mengingatkan agar tidak menyentuh pegangan bus atau kereta, menjauhlah dari orang yang batuk atau bersin, dan hindari jam sibuk. Bagi yang ingin makan di restoran, dr. Erlina sarankan untuk membawa pulang makanan yang dipesan. (Lihat videonya: Janda Bolong Jadi primadoa Saat Pandemi Harganya Mencapai Ratusan Juta)

Yang juga penting, sampai di rumah hindari menyentuh apapun di dalam rumah dan segera cuci tangan, segera lepas pakaian dan masukkan ke tempat cucian tertutup, segera mandi sebelum beraktivitas dalam rumah, dan menyemprot disinfektan pada alat yang dipakai (laptop, ponsel, pakaian, alas kaki). (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2862 seconds (0.1#10.140)