4 dari 5 Pasien COVID-19 Miliki Gejala Neurologis

Kamis, 08 Oktober 2020 - 13:33 WIB
loading...
4 dari 5 Pasien COVID-19 Miliki Gejala Neurologis
Sebuah studi menemukan empat dari lima pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit memiliki gejala neurologis seperti sakit kepala, pusing, dan fungsi otak. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru menemukan bahwa sekitar empat dari lima pasien yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 memiliki gejala neurologis seperti sakit kepala, pusing, dan perubahan fungsi otak, nyeri otot, hilangnya penciuman atau rasa dan lainnya.

Menurut penelitian, ensefalopati dikaitkan dengan morbiditas yang lebih besar pada pasien rawat inap dengan infeksi virus corona baru. (Baca juga: Waspada! Obesitas seperti Donald Trump Berisiko Tinggi Covid-19 )

Para peneliti mengatakan bahwa virus corona baru dapat merusak banyak organ, termasuk sistem saraf, jantung, ginjal, dan bukan hanya paru-paru. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Clinical and Translational Neurology, berusaha untuk mengkarakterisasi manifestasi neurologis SARS-C0V-2, faktor risikonya, dan hasil terkait pada pasien rawat inap dengan COVID-19.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti memeriksa manifestasi neurologis pada 509 pasien berturut-turut yang dirawat dengan COVID-19 yang dikonfirmasi dalam jaringan rumah sakit di Chicago, Illinois. Studi tersebut menunjukkan bahwa manifestasi neurologis muncul saat onset COVID-19 pada 215, di rawat inap pada 319, dan kapan saja selama perjalanan penyakit pada 419 pasien.

Dilansir Times Now News, gejala neurologis yang paling umum adalah mialgia (nyeri otot), sakit kepala, ensefalopati, pusing, dysgeusia (perubahan rasa) dan anosmia (kehilangan penciuman). Stroke, gangguan gerakan, defisit motorik dan sensorik, ataksia, dan kejang jarang terjadi, kata penelitian tersebut.

Temuan juga menunjukkan bahwa penyakit pernafasan parah yang membutuhkan ventilasi mekanis terjadi pada 134 pasien. Lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa COVID-19 yang parah dan usia yang lebih muda adalah faktor risiko independen untuk mengembangkan manifestasi neurologis apa pun. (Baca juga: SuperM dan WHO Bicarakan Kesehatan Mental, Acaranya Gratis! )

Menurut penelitian tersebut, ensefalopati (istilah untuk penyakit difus otak yang mengubah fungsi atau struktur otak) secara independen terkait dengan hasil fungsional yang lebih buruk dan kematian yang lebih tinggi dalam 30 hari setelah dirawat di rumah sakit. Studi tersebut juga mencatat bahwa ensefalopati dikaitkan dengan peningkatan morbiditas dan mortalitas, terlepas dari tingkat keparahan penyakit pernapasan.

Studi tersebut menunjukkan bahwa sekitar 71% (362) dari semua pasien memiliki hasil fungsional yang baik pada saat keluar. Di seluruh dunia, setidaknya 1.037.971 orang kini telah meninggal karena COVID-19 dan lebih dari 35.243.990 kasus telah dikonfirmasi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)