Masuk Usia 40-an, Baiknya Anda Kenali 6 Gejala Menopause Ini

loading...
Masuk Usia 40-an, Baiknya Anda Kenali 6 Gejala Menopause Ini
Menopause terjadi ketika tidak lagi datang bulan dan dalam keadaan tidak hamil. Kondisi ini terjadi karena hormon perempuan menurun seiring bertambahnya usia. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Menopause terjadi ketika tidak lagi datang bulan selama setahun dan dalam keadaan tidak hamil. Kondisi ini terjadi karena hormon perempuan menurun seiring bertambahnya usia.

Indung telur berhenti melepaskan telur sehingga tubuh tidak lagi mengalami menstruasi dan tidak bisa hamil. Kebanyakan perempuan mengalami menopause di usia 40 atau 50 tahun. (Baca juga: Atta Halilintar Mengaku Terpapar Virus Corona)

Sebuah studi menemukan setengah dari perempuan di AS menopause sebelum usia 52 tahun. Mereka yang menjalani operasi pengangkatan rahim atau ovarium, maupun menjalani pengobatan kanker tertentu, akan mengalami menopause dini.

Diketahui sekira 75% wanita mengalami gejala yang cukup mengganggu selama fase menopause. Agar lebih siap menjalani menopause, ada baiknya mengenali gejala-gejalanya:

1. Haid tidak teratur
Periode haid yang tidak teratur adalah karakter menopause yang paling sering terjadi. Ketidakteraturan tersebut ditunjukkan dengan perubahan durasi (lebih panjang atau lebih pendek), kuantitas darah (lebih banyak atau lebih sedikit), maupun jarak antar periode.



2. Hot flashes
Hot flashes merupakan sensasi gerah atau kepanasan yang muncul secara mendadak. Ini adalah gejala klasik menopause sekaligus alasan yang mengharuskan Anda mendapat perawatan. Hot flashes ditandai dengan sensasi rasa hangat yang tiba-tiba muncul atau rasa sangat panas yang menjalari hampir seluruh bagian tubuh, terutama dada, wajah, dan kepala.

3. Nyeri saat berhubungan seksual
Disebabkan karena berkurangnya cairan pelumas vagina.

4. Gairah seks menurun
Kadar estrogen yang menurun, otomatis membuat gairah seks akan mengalami perubahan. (Baca juga: Aespa Mulai Kenalkan Anggota Pertama, Winter)

5. Insomnia
Insomia merupakan keluhan yang sering dialami wanita yang menopause. Anda bisa melakukan relaksasi dengan mengatur pernapasan selama 2 sampai 5 menit sebelum tidur.



6. Perubahan tubuh
Jangan kaget ketika mengetahui rambut maupun kulit menjadi lebih tipis juga kering. Menopause juga membuat tubuh menyimpan lemak lebih banyak di area pinggang. Gejala lainnya ialah sendi yang kaku. Meski begitu usahakan untuk tetap aktif bergerak agar tubuh tetap bugar.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top