Mau Kurangi Gula Harian? Ini Tipsnya

Selasa, 27 Oktober 2020 - 21:17 WIB
loading...
Mau Kurangi Gula Harian? Ini Tipsnya
Berbagai penyakit tidak menular bisa muncul akibat konsumsi gula berlebih. Foto Ilustrasi/Relias Media
A A A
JAKARTA - Suka makanan dan minuman manis? Hati-hati, berbagai penyakit tidak menular bisa muncul akibat konsumsi gula berlebih. Sebut saja penyakit jantung, alzheimer dan demensia, diabetes tipe 2, hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas, hingga karies gigi.

Soda dan minuman manis lain berpotensi merusak enamel gigi. Itu mengapa American Heart Association merekomendasikan batasan konsumsi gula yaitu kurang dari 6 sendok teh per hari bagi wanita anak-anak, serta 9 sendok teh per hari bagi pria.

( )

Tips berikut bisa Anda lakukan untuk mengurangi asupan gula harian.

Minuman Berpemanis

1. Pilih soda diet daripada soda biasa jika Anda penyuka minuman bersoda. Tapi, ketahui ada risikoa lain mengonsumsi soda diet ini. Mulai menambah nafsu makan, resisten insulin, hingga risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Pilih sparkling water. Ini adalah variasi air mineral yang merupakan cairan jernih, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Tapi tentu lebih baik lagi air putih.

3. Kalau belum bisa menghilangkan kebiasaan minum minuman manis, Anda bisa menambahkan jus tanpa gula ke sparkling water.

4. Hindari minuman olahraga jika tidak perlu. Minuman ini mengandung gula untuk mempercepat hidrasi dan mengisi kembali karbohidrat di tubuh. Minuman ini sebetulnya ditujukan bagi mereka yang intens latihan. Sebaliknya, bagi yang berolahraga satu jam atau bahkan kurang, tidak membutuhkannya.

Teh dan Kopi

1. Pilih teh atau kopi tawar. Jika Anda menambahkan sirup, topping whipped cream, dan pemanis lain, gula dari minuman tersebut akan cukup tinggi.

2. Hati-hati terhadap gula tambahan di susu UHT yang biasa digunakan kedai kopi untuk rasa manis. Di Starbuck, misalnya, grande coconut milk latte mengandung 2,5 sendok teh gula. Susu oat, mengandung 5,5 sendok teh gula. Atau susu almond yang mengandung 8,5 sendok teh gula.

3. Gunakan perasa seperti kayu manis, vanila, pala, kapulaga, atau air kelapa tidak manis untuk membuat minuman terasa manis walau tanpa tambahan gula.

( )

Makanan Manis

1. Kurangi kebiasaan makan makanan manis, pilih kudapan lain yang lebih sehat.

2. Pilih dark chocolate yang memiliki kandungan gula lebih sedikit. Penelitian menyebutkan orang yang makan dark chocolate tidak terlalu menginginkan makanan manis, asam, dan berlemak. Dark chocolate juga kaya antioksidan.

3. Pilih buah. Buah mengandung gula alami. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis pada buah potong, menambahkan kacang-kacangan atau biji-bijian, ataupun yogurt.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)