10 Kiat Aman Menggunakan Toilet Umum saat Pandemi Covid-19

loading...
10 Kiat Aman Menggunakan Toilet Umum saat Pandemi Covid-19
Saat liburan, tentu Anda dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di jalan. Kebutuhan akan mengunjungi toilet umum pun tidak terhindarkan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Saat liburan, tentu Anda dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di jalan. Kebutuhan akan mengunjungi toilet umum pun tidak terhindarkan.

Namun, rasa was-was bisa jadi menyelimuti bagi mereka yang menggunakan fasilitas umum. Tapi sebetulnya tidak perlu risau berlebihan. (Baca juga: Waspada! Konsumsi Gula Berlebih Selama Liburan Dapat Memicu Depresi)

Memakai masker, jaga jarak, dan batasi permukaan benda yang Anda sentuh, serta cuci tangan dengan sabun setelahnya, bisa meredam kekhawatiran Anda. Agar lebih aman, ikuti kiat berikut ini:

1. Sebaiknya pilih toilet yang luas dengan banyak kamar mandi dan ventilasi udara lancar.
2. Pilihlah toilet yang memiliki petigas kebersihan yang senantiasa menjaga kebersihan toilet. Sehingga penyebaran bakteri dan kuman penyakit dapat dicegah sebisa mungkin.
3. Cobalah untuk menunggu setidaknya 60 detik setelah pengguna toilet sebelumnya keluar.
4. Jika ingin membuang sampah bekas tisu atau pembalut ke tempat sampah, pegang tutup tempat sampah dengan tisu kemudian cuci tangan setelahnya.
5. Kalau kloset yang tersedia ada tutupnya, tutuplah ketika akan menyiram jadi kumannya tidak keluar dari dalam kloset.
6. Keringkan tangan setelah dicuci, tapi hindari memakai lap atau handuk bersama yang ada di wastafel umum.
7. Segera keluar ketika sudah selesai. Hindari mengobrol ataupun merokok di dalam toilet. Kalau Anda menyentuh pintu keluar toilet, sebaiknya cuci tangan atau pakai hand sanitizer kembali.
8. Kalaupun tidak ingin menggunakan toilet umum, kurangi asupan cairan Anda sebelum dan selama perjalanan. Agar tidak sering buang air kecil.
9. Tidak ada toilet? Mau tidak mau menepilah di pinggir jalan. Tapi pastikan tidak dekat dari jalanan dan tersembunyi. Gunakan hand sanitizer setelahnya. (Baca juga: Liburan tanpa Pengasuh, Titi Kamal: Saya Menikmatinya)
10. Siram kloset sebelum digunakan, atau semprotkan disinfektan ke alas duduka toilet lalu dilap dengan tisu. Bisa juga menggunakan tisu disinfektan. Sebaiknya pilih air yang mengalir dari keran untuk membasuh bagian intim. Jangan gunakan air dari ember. Bersihkan kembali kloset sesudah kita pakai.

(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top