5 Hal yang Wajib Dilakukan Apabila Terinfeksi Flu

loading...
5 Hal yang Wajib Dilakukan Apabila Terinfeksi Flu
Perubahan cuaca menuju musim penghujan membuat masyarakat menjadi rentan terinfeksi berbagai penyakit menular. Salah satu influenza atau biasa disebut flu. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Perubahan cuaca menuju musim penghujan membuat masyarakat menjadi rentan terinfeksi berbagai penyakit menular. Salah satu penyakit yang menimpa masyarakat adalah influenzaatau biasa disebut flu.

Meskipun penyakit ini cenderung tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan hal yang fatal bagi para lanjut usia (lansia) atau orang dengan riwayat penyakit penyerta (komorbid). Lantas apa yang harus dilakukan apabila seseorang terinfeksi flu? Merangkum dari Healthline, berikut ulasannya. (Baca juga: Ketahuan, Joe Taslim Gunakan Bahasa Korea yang Hampir Punah di Film SwordMan)

1. Istirahat ekstra
Istirahat itu penting saat melawan penyakit apa pun. Istirahat juga membuat seseorang tetap berada di dalam ruangan dan mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain. Cara ini juga dapat membantu tubuh pulih lebih cepat. Sakit melelahkan secara fisik dan mental. Tidur atau berbaring adalah langkah penting untuk pemulihan.

2. Mengonsumsi banyak cairan
Demam tinggi menyebabkan tubuh berkeringat dan kehilangan cairan yang penting. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi. Minum banyak air dapat menggantikan cairan yang hilang dan membantu mengeluarkan lendir serta racun. Cairan dapat membantu meredakan tenggorokan yang gatal dan iritasi. Teh panas dengan lemon dan madu adalah pilihan yang bagus.



Pilihan bagus lainnya yang bisa dipilih adalah: air putih, jus buah, minuman elektrolit dan sup. Seringkali, flu mengurangi nafsu makan dan membuat sulit mengonsumsi makanan. Oleh sebab itu konsumsi makanan yang memberi energi pada tubuh untuk pulih. Jus dan sup dapat memberi tubuh nutrisi dan kalori yang diperlukan.

3.Mengonsumsi obat
Untuk membantu meredakan nyeri tubuh dan sakit kepala, seseorang dapat meminum obat yang dijual bebas (OTC) seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin) sesuai petunjuk.

Jangan memberikan aspirin kepada anak-anak atau remaja, karena mereka berisiko mengalami sindrom Reye terkait aspirin, penyakit langka namun terkadang fatal. Hati-hati saat memberikan obat pada bayi.



4. Mandi air hangat
Jika demam tinggi dan tidak nyaman, kompres atau rendam tubuh Anda dalam air hangat untuk membantu menurunkan demam. Es atau air dingin harus dihindari, tetapi air hangat dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan. Menghirup udara lembap juga dapat membantu membersihkan hidung tersumbat. (Baca juga: Sedang Menginap di Hotel? Jangan Abai Protokol Kesehatan!)

5. Hindari penyebaran flu
Seseorang mungkin tertular flu hingga 5 hari atau lebih setelah gejala muncul. Lakukan yang terbaik untuk melindungi orang lain saat Anda sakit. Hindari sekolah dan kantor saat mulai mengalami gejala. Tutup mulut saat batuk atau bersin, dan segera cuci tangan Anda setelahnya. Ini adalah cara penting untuk menghindari penyebaran kuman ke orang di sekitar.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top