Studi : Konsumsi Vitamin D yang Tinggi saat Hamil Tingkatkan IQ Bayi

Rabu, 04 November 2020 - 10:20 WIB
loading...
Studi : Konsumsi Vitamin...
Studi ungkap konsumsi vitamin D bisa tingkatkan IQ bayi. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa kadar vitamin D ibu selama kehamilan dikaitkan dengan IQ anak-anak mereka. Di mana kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam kehamilan dapat membuat skor IQ masa kanak-kanak tinggi.

Studi ini juga mengidentifikasi tingkat vitamin D yang lebih rendah secara signifikan di antara wanita hamil kulit hitam. Melissa Melough, penulis utama studi dan ilmuwan penelitian di Departemen Kesehatan Anak, Perilaku, dan Perkembangan di Seattle Children's Research Institute, mengatakan kekurangan vitamin D umum terjadi pada populasi umum serta wanita hamil, tetapi mencatat bahwa wanita kulit hitam berisiko lebih besar.

Baca juga : Vitamin D Rendah Dapat Tingkatkan Kemungkinan Infeksi COVID-19

Dilansir dari Times Now News, Rabu (4/11) Melough mengatakan dia berharap penelitian ini akan membantu penyedia layanan kesehatan mengatasi perbedaan di antara wanita kulit berwarna dan mereka yang berisiko lebih tinggi untuk kekurangan vitamin D.

"Pigmen melanin melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi dengan menghalangi sinar UV, melanin juga mengurangi produksi vitamin D di kulit. Karena itu, kami tidak terkejut melihat tingginya tingkat kekurangan vitamin D di antara wanita hamil kulit hitam dalam penelitian kami. Meskipun banyak wanita hamil yang mengonsumsi vitamin prenatal, hal ini mungkin tidak memperbaiki kekurangan vitamin D yang sudah ada," kata Melough.

"Saya berharap pekerjaan kami membawa kesadaran yang lebih besar untuk masalah ini, menunjukkan implikasi jangka panjang dari vitamin D prenatal untuk anak dan perkembangan neurokognitif mereka, dan menyoroti bahwa ada kelompok tertentu yang harus diperhatikan oleh penyedia. Kadar vitamin D umumnya tidak direkomendasikan, tapi saya pikir penyedia layanan kesehatan harus memperhatikan mereka yang berisiko lebih tinggi, termasuk perempuan kulit hitam," tambah Melough.

Baca juga : Hidup di Negara Tropis, Banyak Anak Indonesia Kurang Vitamin D

Menurut Melough, sebanyak 80% wanita hamil kulit hitam di AS kekurangan vitamin D. Dari wanita yang berpartisipasi dalam penelitian ini, sekitar 46% ibu kekurangan vitamin D selama kehamilan mereka, dan tingkat vitamin D lebih rendah di antara wanita kulit hitam dibandingkan dengan wanita kulit putih.

Melough dan rekan penulisnya menggunakan data dari sebuah kelompok di Tennessee yang disebut studi Kondisi yang Mempengaruhi Perkembangan Neurokognitif dan Pembelajaran dalam Anak Usia Dini (CANDLE). Peneliti CANDLE merekrut wanita hamil untuk bergabung dalam penelitian yang dimulai tahun 2006 dan mengumpulkan informasi dari waktu ke waktu tentang kesehatan dan perkembangan anak-anak mereka.

Setelah mengendalikan beberapa faktor lain yang terkait dengan IQ, kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam kehamilan dikaitkan dengan IQ yang lebih tinggi pada anak-anak usia 4 hingga 6 tahun. Meskipun studi observasional seperti ini tidak dapat membuktikan penyebab, Melough percaya temuannya memiliki implikasi penting dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

"Kekurangan vitamin D cukup lazim. Kabar baiknya adalah ada solusi yang relatif mudah. Mendapatkan vitamin D yang cukup melalui diet bisa jadi sulit, dan tidak semua orang dapat menutup celah ini melalui paparan sinar matahari, jadi solusi yang baik adalah dengan minum suplemen," jelas Melough.

Asupan vitamin D harian yang direkomendasikan adalah 600 unit internasional (IU). Rata-rata, orang Amerika mengonsumsi kurang dari 200 IU dalam makanan mereka, jadi jika tidak membuat celah itu melalui paparan sinar matahari atau suplementasi, Melough menilai akan kekurangan.

Makanan yang mengandung vitamin D yang lebih tinggi termasuk ikan berlemak, telur dan sumber yang diperkaya seperti susu sapi dan sereal sarapan. Namun, Melough mencatat bahwa vitamin D adalah salah satu nutrisi yang paling sulit didapat dalam jumlah yang cukup dari makanan sehari-hari.

Diperlukan penelitian tambahan untuk menentukan kadar vitamin D yang optimal dalam kehamilan, tetapi Melough berharap penelitian ini dapat membantu mengembangkan rekomendasi nutrisi untuk ibu hamil. Terutama di antara wanita kulit hitam dan mereka yang berisiko tinggi kekurangan vitamin D, suplementasi dan skrining nutrisi merupakan strategi yang berdampak untuk mengurangi kesenjangan kesehatan.
(wur)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Maia Estianty Ingatkan...
Maia Estianty Ingatkan Netizen Jangan Desak Syifa Hadju soal Kehamilan: Itu Gak Sopan
Kabar Bahagia! Putri...
Kabar Bahagia! Putri Eugenie Umumkan Kehamilan Anak Ketiga
Alyssa Daguise Merasa...
Alyssa Daguise Merasa Mual Jelang Persalinan, Warganet Ikut Deg-degan
Maternity Shoot Alyssa...
Maternity Shoot Alyssa Daguise Curi Perhatian, Dramatis dan High Fashion
Kebobolan, Rizky Billar...
Kebobolan, Rizky Billar Akui Kehamilan Ketiga Lesti Terjadi Saat Liburan ke Inggris
Rayakan Anniversary,...
Rayakan Anniversary, Angga Yunanda dan Shenina Cinnamon Umumkan Kehamilan Anak Pertama
Program Wellness Dorong...
Program Wellness Dorong Masyarakat Jalani Gaya Hidup Lebih Sehat
Menemukan Kemurnian...
Menemukan Kemurnian Tubuh dan Pikiran di A Day of Purity
Ajak Keluarga Hidup...
Ajak Keluarga Hidup Sehat, Sekolah HighScope Indonesia Alfa Indah Sukses Gelar Family Fun Run
Rekomendasi
BEM UI: Ekonomi Hanya...
BEM UI: Ekonomi Hanya Tumbuh di Atas Kertas, di Meja Makan Rakyat Tidak Ada yang Berubah
Jangan Salah Kaprah!...
Jangan Salah Kaprah! Begini Cara Menyambut Tahun Baru Islam Menurut Syariat
Trump Klaim AS Telah...
Trump Klaim AS Telah Bikin Kesepakatan Hebat dengan Iran, Teheran Bilang Belum!
Berita Terkini
Keluarga Bantah Kabar...
Keluarga Bantah Kabar Haji Bolot Meninggal Dunia, Cucu: Hoaks!
Solusi Cerdas Berlibur:...
Solusi Cerdas Berlibur: Perjalanan Nyaman dengan Layanan Paylater
PRJ 2026 Jadi Ruang...
PRJ 2026 Jadi Ruang Kebersamaan Keluarga di Ibu Kota
Liburan Sekolah, Hotel...
Liburan Sekolah, Hotel Ini Tawarkan Misi Seru Petualangan Staycation Keluarga
Raffi Ahmad Buka Suara...
Raffi Ahmad Buka Suara soal Kasus Blueray, Tegaskan Tak Pernah Terima Barang Gratis
Diperiksa Terkait Kasus...
Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Praz Teguh Akui Sudah Kembalikan Uang Saku
Infografis
Daftar 26 Jalan Tol...
Daftar 26 Jalan Tol yang Diskon hingga 20% saat Nataru
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved