Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

loading...
Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya
foto / dok istimewa
JAKARTA - Lingkaran hitam di kulit bagian bawah mata bisa membuat siapa pun ingin menutupinya dengan memakai concealer. Bulan sabit yang tampak melelahkan ini, terkadang disebut dengan nama yang terdengar aneh seperti mata cekung atau mata panda, banyak yang mencari jawaban tentang penyebab dan apa yang harus dilakukan.

Salah satu dari tiga hal mendasar yang biasanya menjadi penyebab penumpukan pigmen di area bawah mata, yang dikenal sebagai hiperpigmentasi periorbital. Lingkaran bawah mata yang jelas dapat disebabkan oleh hiperpigmentasi yang sebenarnya sering kali terlihat pada mereka yang menggosok atau menggaruk area yang bereaksi terhadap kondisi seperti eksim, lotre genetik, atau mereka dapat menjadi bagian dari proses penuaan normal. Terkadang, area tersebut tampak gelap karena perubahan lainnya.

Baca juga : Kalah Sidang, Johnny Depp Ditendang dari Film Fantastic Beasts

“Setelah usia 30, kita kehilangan lemak yang pernah melindungi cekungan di sekitar mata,” kata Michelle F. Henry, MD, instruktur klinis dermatologi di Weill Cornell Medical College, seperti dikutip TODAY. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya :



1. Pola Tidur mempengaruhi lingkaran hitam yang membentuk mata panda

Bagi mereka yang dibebani oleh munculnya lingkaran hitam secara bertahap, terkadang jawaban bisa dimulai dengan tidur nyenyak. Kelelahan bisa menyebabkan bengkak di sekitar mata dan membengkaknya pembuluh darah di area tersebut yang bisa membuat mata terlihat longgar dan gelap. Kabar baiknya adalah menumpuk bantal dan tidur dengan posisi kepala ditinggikan dapat membantu.

2. Diet bisa membantu hilangkan Mata Panda

Mengonsumsi makanan antiinflamasi seperti buah dan sayur, kaya pigmen yang melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel, juga dapat membantu melawan lingkaran hitam. Ini mungkin berarti menjauh dari makanan olahan dan memilih makanan yang kaya nutrisi seperti ubi jalar, brokoli, tomat, stroberi, dan jeruk yang dapat menambah kilau sehat pada kulit.

Baca juga : Bermesraan dengan Amanda Manopo, Arya Sebut sang Istri Tak Khawatir

3. Mendinginkan area Mata Panda



Menggunakan irisan mentimun dingin di atas kelopak mata yang tertutup telah menjadi cara umum kecantikan ala rumah untuk mengatasi mata panda. Mentimun dikenal mengandung banyak air sehingga akan melembabkan kulit, tinggi vitamin C dan bahkan kaya silika, mineral yang dikenal untuk menjaga kesehatan kulit. Faktanya, segala jenis kompres dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan membuat lingkaran hitam tidak terlalu terlihat.

4.Gunakan krim yang dijual bebas

Menurut Henry, mengoleskan losion langsung dari produk skincare khusus juga dapat menghilangkan lingkaran hitam. Untuk melakukan ini secara efektif, pilihlah krim yang mengandung beberapa bahan utama yang berfungsi mengurangi retensi air, kantong dan kegelapan. Misalnya kandungan asam glikolat yang akan membantu meningkatkan produksi kolagen dan mengelupas hiperpigmentasi dengan lembut.

Selain itu asam hialuronat untuk mengencangkan bagian bawah mata, melembabkannya, dan memberikan tampilan yang lebih penuh. Serta hydroquinone, arbutin, licorice extract, niacinamide, dan cysteamine untuk embantu mencerahkan area bawah mata dengan lembut. Tak lupa kandungan retinoid untuk mengentalkan kulit dan membantu meningkatkan kolagen. Untuk mencegah, memakai sedikit tabir surya juga bisa melindungi area mata dari penggelapan.
(sal)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top