Bangkitkan Semangat Anak dengan Ruang Belajar Nyaman

Rabu, 11 November 2020 - 14:11 WIB
loading...
Bangkitkan Semangat Anak dengan Ruang Belajar Nyaman
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Menciptakan ruang belajar anak yang terlihat indah pasti akan memberikan inspirasi dan semangat pada anak. Jika ruang belajarnya nyaman, buah hati Anda pun akan lebih bersemangat belajar.

Menghadirkan ruang belajar nyaman bagi si kecil memang gampang-gampang susah. Karenanya, dalam mendesain ruang belajar untuk anak tidak seperti ruang kerja orang dewasa. Untuk membuat ruang belajar yang nyaman untuk anak sangat banyak pertimbangan tersendiri, baik dari luasnya, material, pemilihan perabot atau furnitur, hingga pemilihan warna. (Baca: Subhahanallah! Shalat Tepat Waktu Berpengaruh Pada Kesuksesan)

Seharusnya ruang belajar anak bisa menjadi tempat yang menyenangkan dan menambah kreativitas. Untuk menciptakan ruang belajar yang menyenangkan tidak harus terlalu luas, yang terpenting adalah dapat memenuhi semua kebutuhan sang buah hati dengan baik yang cenderung tertarik dengan warna dan aneka ornamen bentuk. Alangkah baiknya jika Anda menyediakan meja yang lapang dan dihiasi oleh beragam gambar yang ekspresif.

Arsitek Rizky Artando menyampaikan, idealnya ruang belajar anak adalah 2,5x2,5 meter per anak. Jika dalam satu ruangan terdapat beberapa anak, apa lagi yang masih kecil, maka ruangan yang dibutuhkan biasanya lebih luas. Karena ruang belajar yang ideal membutuhkan tempat untuk menggali kreativitas.

“Untuk anak yang lebih besar atau beranjak dewasa, biasanya membutuhkan luas ruangan yang ideal untuk meletakkan meja dan kursi belajar, serta adanya rak penyimpan barang,” imbuhnya.

Selain ukuran ruang belajar, hal yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan dan kenyamanannya. Biasanya untuk anak yang masih kecil, ada baiknya Anda menghindari menggunakan furnitur yang memiliki sisi atau sudut yang lancip atau tajam. Hindari juga furnitur yang menggores dan membahayakan gerak anak.

“Anak-anak umumnya cenderung aktif ketika di dalam suatu ruangan, apa lagi aktivitas belajar biasanya diselingi dengan aktivitas motorik seperti berlarian,” tandas Rizky. (Baca juga: Kemendikbud Dukung Pelaksanaan Kampus Sehat Selama Pandemi)

Biasanya, buah hati Anda ingin memiliki dunia sendiri dan hanya dirinya saja yang menikmatinya. Solusi yang paling pas untuk memenuhi kebutuhannya dengan menyediakan ruangan berkreasinya. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan ruangan khusus di balik dinding, atau cara yang lebih praktis, Anda juga bisa memanfaatkan tenda dome yang bisa diletakkan di sisi sudut kamar.

Satu lagi yang harus dilengkapi dalam menata ruang belajar anak , yaitu furnitur yang sesuai untuk belajar, berupa meja dan kursi belajar. Meja kursi merupakan perlengkapan pokok untuk ruang belajarnya, sehingga harus diperhatikan mulai dari lebar dan bentuk meja yang akan Anda gunakan.

Desainer interior Ade Lesmana menuturkan, untuk meja belajar individual bisa dipilih seperti meja kerja biasa dengan kursi dan rak penyimpan buku serta peralatan belajar. Jangan lupa untuk menyesuaikan ketinggian meja kursi yang sesuai untuk anak. Karena meja yang terlalu tinggi akan membuat anak harus naik ke kursi atau mendongak untuk menulis atau membaca. (Baca juga: Lima Langkah Sederhana Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Pandemi)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)