Tips Diet Sehat untuk Pelari Maraton

Jum'at, 13 November 2020 - 10:10 WIB
loading...
Tips Diet Sehat untuk Pelari Maraton
Diet sehat sangat penting menjaga stamina para pelari maraton. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Menjadi seorang pelari maraton bukanlah suatu hal yang mudah, karena mereka harus menjalani sesi pelatihan yang panjang dan tidak boleh kehilangan kekuatan dan daya tahan mereka.

Proses tersebut sama sekali tidak mudah karena mereka harus memelihara kekuatan itu baik sebelum, selama dan setelah lomba.

Oleh karena itu, para pelari maraton harus memperhatikan makanan apa yang mereka konsumsi dan itu sangat penting dimana jika teratur dan memperhatika asupan secara sehat mereka akan aktif dan kuat selama periode persiapan.

Baca juga : Manfaat Kesehatan dari Melakukan Push-up Tiap Hari

Para ahli gizi meyakini bahwa pelari maraton harus mengisi tubuh mereka dengan makanan yang kaya akan nutrisi sebagai pemacu energi bagi pelari. Selain itu, Makanan yang dikonsumsi pun harus memiliki GI rendah, rendah lemak, karbohidrat sedang, protein dan harus banyak mengandung cairan.

Jika Anda seorang pelari maraton, berikut adalah beberapa tips diet sehat yang bisa anda terapkan seperti dilansir laman Boldsky.

1. Jangan biarkan perut lapar

Pertimbangkanlah untuk konsumsi camilan bergizi yang ringan, makanan berenergi, makanan yang diperkaya atau minuman yang mengandung gizi sebelum lari untuk tetap aktif selama menjalankan program latihan.

2. Hindari makan makanan berat

Seorang pelari maraton harus benar-benar menghindari makan berat. Sebaliknya, mereka lebih baik makan makanan kecil setelah setiap tiga sampai empat jam karena akan mencegah rasa lapar dan membantu mempertahankan kadar glukosa yang seimbang.

3. Konsumsi protein

Protein sangat penting selama program latihan yang panjang karena dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan membangun kembali otot setelah lari.


Baca juga : Ingin Turunkan Berat Badan? Rajin Konsumi Buah Alpukat Saja

4. Konsumsi buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral penting termasuk karbohidrat. Selain itu, buah dan sayur juga kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah segala jenis nyeri otot.

5. Konsumsi produk susu

Beragama Produk susu seperti susu, yoghurt, dan keju juga penting dikonsumsi bagi pelari marathon karena Susu kaya akan kalsium yang penting bagi tulang kita dan membantu tulang kita lebih kuat.

6. Tetap terhidrasi

Lari Marathon membutuhkan tenaga yang kuat dan pasti berkeringat sehingga selalu menghadapi risiko dehidrasi, oleh karena itulah mereka harus menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)