Cegukan Terus Menerus Bisa Jadi Pertanda Serangan Jantung

Jum'at, 13 November 2020 - 10:54 WIB
loading...
A A A
Mengenai mengapa masalah jantung dapat memicu cegukan, Dr. Davenport menyebutkan bahwa ketika jantung tidak mendapatkan cukup oksigen karena lebih sedikit darah yang mengalir melalui arteri yang sakit, ini dapat mengiritasi saraf diafragma, otot pernapasan di bawah jantung.

Cegukan disebabkan oleh kontraksi spasmodik diafragma, biasanya di sisi kiri. Alasan yang lebih umum mengapa saraf yang menuju ke diafragma teriritasi dan menyebabkan cegukan adalah perut yang buncit.

Dr David Johnson, seorang profesor kedokteran di Eastern Virginia Medical School di Norfolk, menambahkan bahwa penyebab lain cegukan termasuk minum alkohol atau banyak soda, permen karet atau merokok.

Cegukan, yang terjadi ketika diafragma dan organ pernapasan mengalami kejang yang tiba-tiba dan tidak disengaja, terjadi pada hampir semua orang pada kesempatan tertentu.

(Baca juga: Pandemi Tingkatkan Keinginan Seseorang dalam Temukan Cinta )

Hal ini menyebabkan perut menjadi buncit sehingga terjadi cegukan. Biasanya cegukan berlangsung sebentar dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika cegukan berlangsung sangat lama atau di luar kebiasaan, masalah kesehatan yang serius mungkin sudah dekat.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)