Tuna vs Salmon, Mana yang Lebih Sehat?

Sabtu, 14 November 2020 - 12:07 WIB
loading...
Tuna vs Salmon, Mana yang Lebih Sehat?
Varietas ikan yang paling umum dikonsumsi adalah Tuna dan Salmon. Meski sama-sama memiliki banyak manfaat kesehatan, ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Tidak diragukan lagi bahwa ikan memiliki banyak sekali manfaat kesehatannya. Ikan adalah protein berkualitas tinggi rendah lemak .

Ikan mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin seperti D dan B2. Selain itu, kaya akan kalsium dan fosfor dan sumber mineral yang bagus, seperti zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium. (Baca juga: Ini Manfaat Mengonsumsi Dua Pisang dalam Sehari )

The American Heart Association merekomendasikan makan ikan, setidaknya dua kali seminggu sebagai bagian dari diet sehat. Ikan kaya akan protein, vitamin, dan nutrisi yang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Varietas ikan yang paling umum dikonsumsi banyak orang adalah Tuna dan Salmon. Meski sama-sama memiliki banyak manfaat kesehatan, ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Orang mungkin merenungkan pertanyaan itu, mana yang lebih sehat atau mana yang merupakan pilihan yang lebih baik antara tuna dan salmon. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya.

1. Tuna
Tuna juga dikenal sebagai 'tunny', adalah ikan yang termasuk dalam keluarga makarel. Dua jenis tuna terpenting dari sudut pandang kuliner adalah sirip biru, dengan pinggang berdaging merah yang diiris untuk membuat steak atau dipotong kecil-kecil untuk digunakan sebagai sushi, dan albacore, yang menjadi pucat dan bersisik saat dikemas dalam kaleng . Tuna dapat dimasak dengan berbagai cara: dipanggang, direbus, ditusuk, digiling untuk burger, atau dibakar dan diiris di atas salad.

2. Salmon
Salmon adalah ikan yang empuk, berwarna kemerahan, dan keras. Ini adalah salah satu pilihan ikan paling populer karena rasanya yang kaya dan mentega. Ini adalah ikan air asin dan sebagian besar berasal dari perairan Alaska, Pacific Northwest, dan California. Salmon bagus untuk berbagai macam olahan, termasuk poaching, grilling, roasting, broiling, smoking, atau pickling. Ini adalah bagian dari berbagai hidangan seperti salad, tartare, burger, dan hidangan pasta.

3. Nilai gizi ikan Tuna dan Salmon
Salmon kaya akan protein, asam lemak omega-3 dan kandungan vitamin D dan sumber kolesterol yang baik. Salmon liar adalah sumber penting Omega-3, yang penting untuk fungsi dan struktur otak.

Tuna adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik (300mg per porsi). Namun, tingkat omega-3 dalam tuna kaleng sangat bervariasi, karena jenis pembuatannya dapat menghancurkan sebagian besar minyak omega-3 dalam ikan. Tuna juga merupakan sumber protein yang baik.

4. Manfaat kesehatan
Baik Tuna dan Salmon sangat bergizi. Salmon meningkatkan penglihatan Anda karena kaya akan lemak Omega 3. Salmon lebih tinggi kalori daripada tuna karena ikan ini kaya lemak. Selain itu, satu porsi salmon memberikan lebih banyak vitamin D daripada tuna. Dibandingkan dengan tuna, salmon juga merupakan sumber lemak omega-3 yang signifikan.

Di sisi lain, tuna juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pertama, sangat tinggi protein yang sangat baik untuk darah, kulit, rambut dan kuku Anda. Tuna juga mencegah Anda dari penyakit jantung. Selain itu, ini mengurangi kemungkinan obesitas dan meningkatkan sistem kekebalan Anda. (Baca juga: Serial Animasi 3D Superhero Pertama Indonesia 'Bima S' Tayang Tanpa Jeda Iklan di Vision+ )

5. Yang mana yang harus dipilih?
Jadi, meskipun keduanya bergizi tinggi, salmon unggul karena lemak omega-3 dan vitamin D-nya yang sehat. Sementara, tuna juga memiliki keunggulan tersendiri, terutama jika Anda mencari lebih banyak protein dan lebih sedikit kalori per porsi.

Pilihan terbaik tergantung pada tujuan kesehatan dan selera Anda. Pilih salmon saat Anda ingin meningkatkan asupan omega-3 dan vitamin D, dan pilih tuna saat Anda menginginkan lebih banyak protein dan lebih sedikit kalori.
(tdy)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1418 seconds (10.55#12.26)