Ini Dia Tujuh Makanan yang Bisa Bantu Atasi Depresi

Kamis, 19 November 2020 - 19:40 WIB
loading...
Ini Dia Tujuh Makanan yang Bisa Bantu Atasi Depresi
Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada kaitannya makanan yang bernutrisi dan depresi, karena nutrisi bisa berfungsi mengurangi keparahan dan durasi depresi. / Foto: Ilustrasi/Daily Times
A A A
JAKARTA - Selama ini kebanyakan masyarakat lebih memperhatikan kesehatan fisik ketimbang kesehatan mental . Seringnya berbicara soal gizi, kesehatan mental pun seringkali diabaikan. Padahal, kesehatan fisik dan kesehatan mental itu berhubungan erat.

(Baca juga: Gaun Pengantin Seperti Najwa Shihab Rizieq? Ini Trennya di 2021 )

Dengan demikian, mulai saat ini perlu dipastikan bahwa makanan yang dikonsumsi juga memiliki pengaruh bagi kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental atau yang sering disebut depresi merupakan kondisi adanya gangguan mental yang serius.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada kaitannya makanan yang bernutrisi dan depresi, karena nutrisi dapat berfungsi untuk mengurangi keparahan dan durasi depresi. Seperti dilansir laman Boldsky, berikut makanan yang bisa membantu mengatasi depresi.

1. Ikan

Ikan seperti mackerel, salmon, tuna, dan sarden adalah sumber kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik dan berperan penting untuk kesehatan otak. Sebuah penelitian dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan bahwa makan ikan dapat mengurangi risiko depresi.

2. Buah-buahan

Buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti folat, vitamin B, vitamin D diyakini dapat membantu menurunkan risiko depresi dan dapat meningkatkan mood Anda. Anda bisa makan buah-buahan seperti apel, pisang, beri, dan buah jeruk secara teratur.

3. Sayuran

Selain buah, sayuran juga buah sangat penting untuk mengurangi risiko depresi, Anda bisa mengonsumsi beragam sayuran seperti kubis dan bayam karena kaya kandungan folat, zat besi, vitamin B dan nutrisi penting lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3138 seconds (0.1#10.140)