Cukupi Nutrisi Anak untuk Tingkatkan Imunitas

loading...
Cukupi Nutrisi Anak untuk Tingkatkan Imunitas
Foto/dok
A+ A-
JAKARTA - Orang tua telah menghadapi banyak tantangan selama pandemi Covid-19 ini. Suplai makanan terbatas, anak-anak selalu di rumah, dan mungkin anggaran belanja yang ketat.

Rasa frustrasi saat menyiapkan makanan di rumah, mencoba menemukan jenis makanan yang tepat, atau bahkan mengatasi masalah anggaran menjadi serangkaian tantangan yang berat bagi kita. Anda berusaha keras untuk memberi anak Anda makanan yang tepat tetapi terkadang mereka masih kekurangan nutrisi. (Baca: Doa-doa Para Nabi yang Tercantum Dalam Alquran)

Jadi, bagaimana Anda bisa memastikan anak Anda menerima nutrisiyang optimal? Langkah pertama adalah dengan mempelajari nutrisi apa yang harus difokuskan dan berikut 4 nutrisi kunci bagi anak-anak.

Medical Director for Nutrition Abbott in Asia Pacific dr Jose Rodolfo Dimaano Jr mengatakan kalsium adalah nutrisi pertama yang dibutuhkan anak. Kalsium dikenal karena peran pentingnya dalam perkembangan tulang dan gigi di usia muda. Fungsi lainnya adalah untuk membantu kontraksi otot, sinyal saraf, dan pembekuan darah.



“Cara mendapatkan lebih banyak kalsium bisa dari produk susu, di antaranya susu, yoghurt, dan keju, adalah sumber kalsium terbaik,” ucap dr Jose, dalam wawancara virtual, beberapa waktu lalu. (Baca juga: Menggagas Pengganti Terbaik UN)

Lalu ada vitamin D. Vitamin ini adalah satu-satunya nutrisi yang dapat dibuat tubuh kita dari sinar matahari. Selain bekerja bahu-membahu dengan kalsium untuk membangun tulang yang sehat dan kuat, vitamin D juga berperan dalam mendukung imunitas anak. “Ikan berlemak seperti salmon, tuna, ikan trout pelangi, dan sarden adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk mendukung imunitas anak,” kata dr Jose.

Adapun kalium menjadi nutrisipenting lainnya karena merupakan elektrolit penting untuk menjaga kesehatan otot dan saraf. Cara mendapatkan lebih banyak kalium, Anda dapat memberikan berbagai macam buah-buahan, sayuran, dan kacang- kacangan sebagai makanan ataupun camilan. Alpukat, semangka, ubi jalar, pisang, bayam merupakan beberapa sumber kalium terbaik. (Lihat videonya: Bupati Bogor Ade Yasin Terkonfirmasi Positif Covid-19)



Terakhir adalah serat. Sumber serat larut terbaik adalah gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, buah jeruk, apel, stroberi, dan kacang polong. Biji-bijian dan sayuran, terutama dedak gandum, kembang kol, buncis, dan kentang merupakan sumber serat tak larut yang sangat baik. (Iman Firmansyah)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top