Tren Konsumen Mengarah pada Penggunaan Produk Berkelanjutan

Kamis, 26 November 2020 - 22:14 WIB
loading...
A A A
Di sisi lain, lanjut Aditya, konsumen juga harus jeli melihat produsen mana yang sudah menjalankan bisnis secara berkelanjutan dengan mencari sebanyak mungkin informasi terkait hal tersebut.

"Ciri-cirinya sudah ada. Biasanya itu perusahaan yang transparan, yang berani menyampaikan komitmen keberlanjutannya kepada publik. Sebagai konsumen , kita harus tahu perusahaan mana yang sudah punya komitmen itu, perusahaan mana sudah punya langkah-langkah untuk memastikan supply chain-nya ramah lingkungan," kata Aditya.

Untuk memudahkan konsumen mencari produsen ataupun merek berkelanjutan, Aditya mendorong perusahaan agar berani memasang logo sertifikasi yang kredibel. Hal itu sekaligus untuk semakin memperkuat kepercayaan masyarakat atas produk bersangkutan.

"Beberapa merek sehari-hari yang kita kenal sudah menerapkan komitmen berkelanjutan, tapi masih banyak yang belum memasang logo ramah lingkungan," ujar Aditya.

( )

Adapun Regi menekankan pula perlunya pelabelan halal pada sebuah produk. Dengan kemajuan teknologi saat ini, hal tersebut bisa ditelusuri secara digital. Salah satunya menggunakan Blockchain, di mana teknologi ini mampu melakukan pencatatan dalam sebuah sistem yang tak bisa diubah, dapat dilakukan secara transparan serta ditelusuri.

"Ketika diterapkan, ini bisa menjadi sebuah progress. Real value-nya adalah kepercayaan dan keyakinan, trust konsumen terhadap produk, kehalalannya, juga brand image yang semakin melekat," pungkas Regi.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)