7 Cara Cegah Diabetes, Salah Satunya Minum Kopi dan Teh

loading...
7 Cara Cegah Diabetes, Salah Satunya Minum Kopi dan Teh
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Kasus yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan kondisi serius lain.

Sebelum diabetes didiagnosis, ada periode di mana kadar gula darah tinggi tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes. Ini dikenal sebagai pradiabetes. Diperkirakan hingga 70% orang dengan pradiabetes terus mengembangkan diabetes tipe 2. Namun, perkembangan dari pradiabetes menjadi diabetes tidak bisa dihindari.

(Baca Juga: 7 Sayuran yang Baik untuk Ginjal Anda, Mulai Bayam hingga Kubis )

Meskipun ada faktor tertentu yang tak dapat diubah seperti gen, usia, atau perilaku masa lalu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Berikut tips mencegah diabetes tipe 2, seperti dilansir dari laman Health Line, Rabu (2/12).



1. Berolahraga Teratur
Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin, yang bisa membantu mencegah perkembangan dari pradiabetes menjadi diabetes.

2. Minum Air Putih sebagai Minuman Utama
Minum air putih sebagai pengganti minuman lain dapat membantu mengontrol gula darah dan kadar insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes.

3. Turunkan Berat Badan Jika Obesitas
Berat badan berlebih, terutama di area perut, meningkatkan kemungkinan terkena diabetes. Menurunkan berat badan secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes.



4. Berhenti Merokok
Merokok sangat terkait dengan risiko diabetes, terutama pada perokok berat. Berhenti merokok telah terbukti mengurangi risiko ini dari waktu ke waktu.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top