Lawan Sembelit, Konsumsi 7 Makanan Mengandung Serat Berikut Ini

Sabtu, 05 Desember 2020 - 05:25 WIB
loading...
Lawan Sembelit, Konsumsi 7 Makanan Mengandung Serat Berikut Ini
Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang Anda konsumsi setiap hari. / Foto: Ilustrasi/Integris
A A A
JAKARTA - Serat penting untuk kesehatan. Jenis serat tertentu dapat meningkatkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan melawan sembelit . Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang Anda konsumsi setiap hari. Ini berarti sekitar 24 gram serat untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

(Baca juga: Sering Migrain? Ini Cara Mudah untuk Mengatasinya! )

Sayangnya, diperkirakan 95% orang dewasa dan anak-anak tidak memenuhi asupan serat harian yang direkomendasikan. Di Amerika, rata-rata asupan serat harian diperkirakan 16,2 gram.

Untungnya, meningkatkan asupan serat relatif mudah. Di mana Anda cukup masukkan makanan berserat tinggi ke dalam pola makan Anda. Lantas apa saja makanan yang mengandung serat? Berikut makanan mengandung serat yang harus dimakan seperti dilansir Health Line.

1. Pir

Pir adalah buah populer yang lezat dan bergizi. Pir salah satu sumber serat buah terbaik. Isi serat buah ini 5,5 gram dalam pir mentah berukuran sedang, atau 3,1 gram per 100 gram.

2. Stroberi

Stroberi adalah pilihan yang lezat dan sehat yang bisa dimakan segar. Menariknya, stroberi juga salah satu buah padat nutrisi yang mengandung banyak vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan kuat. Isi serat pada stroberi berkisar 3 gram dalam 1 cangkir stroberi segar, atau 2 gram per 100 gram.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik. Alih-alih tinggi karbohidrat, alpukat sarat dengan lemak sehat. Alpukat sangat tinggi vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan berbagai vitamin B. Alpulat juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan serat pada alpukat sebesar 10 gram dalam 1 cangkir alpukat mentah, atau 6,7 gram per 100 gram.

4. Kacang merah

Kacang merah adalah jenis kacang-kacangan yang populer. Seperti kacang-kacangan lainnya, kacang merah sarat dengan protein nabati dan berbagai nutrisi. Kandungan serat 12,2 gram per cangkir kacang matang, atau 6,8 per 100 gram.

5. Oat

Oat adalah salah satu biji-bijian paling sehat. Oat sangat tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan. Makanan ini mengandung serat larut yang kuat yang disebut beta glukan, yang memiliki efek menguntungkan utama pada kadar gula darah dan kolesterol. Isi serat 16,5 gram per cangkir gandum mentah, atau 10,1 gram per 100 gram.

6. Popcorn

Jika tujuan Anda adalah meningkatkan asupan serat, popcorn adalah camilan terbaik yang bisa Anda makan. Popcorn sangat tinggi serat. Namun, jika Anda menambahkan banyak lemak, rasio serat terhadap kalori akan menurun secara signifikan. Isi serat 1,15 gram per cangkir popcorn berondong udara, atau 14,4 gram per 100 gram.

(Baca juga: Setelah Hampir 6 Bulan, WHO Perbarui Pedoman Penggunaan Masker )

7. Cokelat hitam

Cokelat hitam bisa dibilang salah satu makanan paling enak di dunia. Cokelat juga sangat tinggi nutrisi dan salah satu makanan paling antioksidan dan kaya nutrisi. Pastikan untuk memilih cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao 70–95% atau lebih tinggi dan hindari produk yang mengandung gula tambahan. Isi serat 3,1 gram dalam 1 ons 70–85% kakao, atau 10,9 gram per 100 gram.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3384 seconds (0.1#10.140)