Ingin Terhindar dari Kanker? Coba Konsumsi Makanan Ini!

Minggu, 06 Desember 2020 - 19:19 WIB
loading...
Ingin Terhindar dari Kanker? Coba Konsumsi Makanan Ini!
Konsumsi buah beri diyakini mampu menghindari serangan kanker. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kanker saat ini telah menjadi penyakit yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia, angka kejadiannya tinggi mulai dari kanker paru-paru, payudara, ovarium hingga kanker kulit, dan penyakit ini dapat menyerang orang kapan saja. Sementara itu, Faktor risiko utama terkena kanker adalah gaya hidup yang buruk.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan risiko terkena kanker diantaranya adalah menerapkan gaya hidup sehat serta kombinasi diet dan olahraga. Diet seimbang diyakini berperan penting dalam mengurangi perkembangan kanker. Berikut ini daftar makanan yang bisa menghambat kanker seperti dilansir laman Boldsky:

Baca juga : Temulawak Tak Hanya Tingkatkan Imunitas, Apa Saja Manfaat lainnya?

1. Berry
Beberapa buah Berry seperti cranberry, blueberry, blackberry, blackcurrant, dan stroberi memiliki kandungan anthocyanin yang sangat baik, yaitu sebuah pigmen alami yang dikenal dapat menurunkan risiko kanker.

2. Apel
Apel memiliki kandungan antioksidan polifenol, yaitu senyawa nabati yang terbukti memiliki sifat anti kanker, sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan infeksi lainnya.

3. Wortel
Menurut sebuah penelitian, orang yang merokok dan ia tidak makan wortel tiga kali lebih berisiko terkena kanker paru-paru daripada orang yang makan wortel lebih dari sekali dalam seminggu.

4. Pir
Lewat kandungan antioksidannya yang tinggi, Buah pir adalah salah satu pelawan kanker yang baik, selain rasanya yang enak buah ini juga mudah didapat.

5. Ikan
Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan dan minyak ikan dapat menghambat karsinogenesis penyebab kanker.
Baca juga : "The Christmas Song", Kejutan Istimewa Shawn Mendes dan Camila Cabello Untuk Penggemarnya 6. Teh hijau
Teh hijau mengandung senyawa penting seperti katekin dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Menurut penelitian, minum dua cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan risiko terkena kanker paru paru sebesar 18 persen.

7. Tomat
Kandungan Lycopene yang ditemukan dalam tomat telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan kanker paru-paru, lambung, payudara, usus besar, prostat, dan sel kanker mulut.

8. Bawang Putih
Bawang putih kaya akan allicin, sebuah senyawa aktif biologis yang berfungsi untuk m menginduksi kematian sel kanker usus besar.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)