Ini Manfaat Saat Ibu Menyentuh Anak Dengan Lembut

Jum'at, 11 Desember 2020 - 21:00 WIB
loading...
Ini Manfaat Saat Ibu Menyentuh Anak Dengan Lembut
foto / dok Nivea
A A A
JAKARTA - Mempererat bonding atau ikatan emosional antara ibu dan anak bisa dilakukan setiap hari dengan adanya sentuhan keduanya. Dokter Anak sekaligus Ahli Neurologi, dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A(K) mengatakan, “Sentuhan ibu di masa kehamilan hingga bayi telah lahir sangatlah penting untuk stimulasi otak bayi, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan yaitu sejak anak dalam kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun (24 bulan),’’ jelasnya saat menjadi pembicara di talkshow Nivea Sentuhan Ibu 2020 secara virtual, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Tas Mungil Louis Vuitton Berkelas, Harga Puluhan Juta

Dokter Herbowo menambahkan, pada periode tersebut terjadi pertumbuhan yang sangat pesat pada anak dimana fondasi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf yang optimal di seluruh umur ditetapkan.

Penelitian, ujarnya menunjukkan bahwa anak yang rutin distimulasi secara skin to skin oleh ibunya cenderung memiliki kemampuan mengenali perubahan afeksi (perasaan) pada ibunya lebih dini dibanding bayi yang tidak distimulasi. ‘’Bayi yang rutin diberi stimulasi sentuhan juga cenderung memiliki perkembangan otak yang lebih baik dan memiliki peningkatan kemampuan bicara,’’ imbuhnya.

Baca juga : Jepang Perpanjang Misi Pertahanan Timur Tengah selama Setahun

Sebagai indera sentuhan, kesehatan kulit menjadi salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi proses bonding antara ibu dan anak. ‘’Akan tetapi, banyak ibu yang biasanya justru memilih untuk menghentikan perawatan kulit selama masa kehamilan karena khawatir bahan yang terkandung di dalam produk skincare membahayakan bagi janin. Padahal pada masa kehamilan, kulit ibu cenderung mengalami perubahan yang dapat mengurangi kenyamanan,’’paparnya.

Hal tersebut membuat Nivea kembali mengkampanyekan momen rutinitas #SentuhanIbu, panduan yang disusun secara khusus untuk membantu para ibu di Indonesia dalam membangun bonding antara ibu dan anak melalui sentuhan. NIVEA percaya akan kekuatan dari sebuah sentuhan.

Baca juga : OJK Catat 152 Pinjaman Online Resmi, Ada Dua yang Ditolak

Diana Riaya selaku Marketing Manager NIVEA Skin Care mengatakan, “Dimulai sejak 2014, sebagai kegiatan tahunan yang hadir bersamaan dengan momen Hari Ibu, Sentuhan Ibu kini telah memasuki tahun ke-tujuh penyelenggaraan. Tahun ini, NIVEA melalui Sentuhan Ibu kembali menghadirkan inspirasi baru untuk mempererat bonding antara ibu dan anak dalam wujud panduan Rutinitas #SentuhanIbu yang disusun bersama dengan dermatologis dan dokter anak ahli neurologi mulai dari awal kehamilan hingga setiap momen kehidupan anak,’’ urainya di acara yang sama.

Diana menambahkan agar proses bonding dapat berjalan dengan baik, NIVEA mengajak para ibu untuk melakukan rutinitas yang mengkombinasikan perawatan kulit ibu (self-care) dan perawatan kulit ibu bersama anak (shared care) dengan menggunakan NIVEA Crème, pelembab ikonik dari NIVEA.

Baca juga : Busyet! Duit Rp22 Triliun Ternyata Belum Cukup Selamatkan Nasabah Jiwasraya

Pelembab kulit yang diperkaya dengan Eucerit dan Glycerin berfungsi melindungi kulit menjadikannya tetap lembab serta memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh ibu. ‘’Sebagai pelembab harian untuk kulit wajah dan tubuh, NIVEA Creme telah diuji secara dermatologis aman untuk orang dewasa serta anak-anak,’’ paparnya.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)