3 Cara Mudah Turunkan Demam

Jum'at, 18 Desember 2020 - 09:33 WIB
loading...
3 Cara Mudah Turunkan Demam
Demam bukanlah penyakit, melainkan gejala infeksi atau penyakit yang coba dilawan oleh tubuh. Namun, mengobati demam dengan obat rumahan dapat membuat Anda lebih nyaman. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Demam bukanlah penyakit, melainkan gejala infeksi atau penyakit yang coba dilawan oleh tubuh. Kebanyakan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi sebenarnya berkembang biak dalam suhu tubuh manusia yang normal, jadi ketika suhu tubuh naik, bakteri dan virus menjadi lebih sulit untuk bertahan hidup.

Menurut MedlinePlus, demam juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya, demam sebenarnya bisa menjadi pertanda baik bahwa tubuh sedang bekerja untuk membuat Anda kembali sehat. Demam sering dikaitkan dengan gejala seperti menggigil, nyeri otot, dan kelemahan. (Baca juga: Perkuat Daya Tahan Tubuh Anda dengan 5 Makanan Ini )

Kebanyakan demam akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari dan tidak dianggap berbahaya, tetapi mengobati demam dengan pengobatan rumahan, dan terkadang obat-obatan, dapat membuat Anda lebih nyaman. Demam biasanya berlangsung antara satu dan tujuh hari.

"Kebanyakan demam, terutama yang disebabkan oleh virus, biasanya sembuh sendiri, artinya akan sembuh dengan sendirinya," kata Georgine Nanos, MD.

Terlepas dari kenyataan bahwa demam biasanya tidak berbahaya, demam dapat menjadi tidak nyaman, terutama jika di atas 101 ° F. Demam yang sangat tinggi (di atas 104 ° F) atau yang tidak nyaman harus diobati. Berikut tips menurunkan demam dilansir dari Insider.

1. Minum banyak cairan
Demam dapat menyebabkan dehidrasi, jadi banyak minum, terutama air putih penting untuk kenyamanan dan pengobatan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minuman panas memberikan lebih banyak kelegaan dari gejala seperti menggigil dan pilek daripada minuman dingin.

2. Dinginkan kulit
Dinginkan kulit dengan menggunakan kompres es atau waslap dingin pada dahi atau pergelangan tangan. Hindari mandi air dingin, karena dapat membuat menggigil, yang akan meningkatkan suhu tubuh Anda. Langkah-langkah ini dapat meningkatkan kenyamanan, meskipun tidak akan mengatasi penyebab demam.

3. Beristirahat
Sebisa mungkin tetap di tempat tidur, dan tidur setiap kali Anda mengantuk, memungkinkan tubuh melawan infeksi yang mendasarinya. Kenakan pakaian dan selimut tipis, meskipun Anda merasa kedinginan.

Demam dapat menjadi pelindung selama infeksi, meskipun jika timbul ketidaknyamanan, Anda dapat mengurangi gejala dengan antipiretik atau obat yang menekan demam. (Baca juga: Perkedel Tahu Nikmat Ini Gampang Banget Lho Dibuat! )

Mayo Clinic menyarankan untuk merawat bayi yang berusia antara enam bulan dan dua tahun ketika demam mencapai 102 ° F (untuk bayi di bawah enam bulan yang mengalami demam, hubungi dokter). Siapa pun yang berusia lebih dari dua tahun harus menggunakan obat jika demam lebih tinggi dari 102 ° F dan mengalami ketidaknyamanan.

"Jika Anda merasa tidak nyaman karena gejala demam, sebaiknya minum obat penurun demam. Mengurangi demam dengan pengobatan juga mengurangi gejala terkait sakit kepala, menggigil, kelelahan, nyeri otot, dan nyeri sendi," tandas Nanos.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)