Beban Ganda Wanita Jadi Kendala Kesetaraan Gender

Sabtu, 19 Desember 2020 - 11:52 WIB
loading...
A A A
"Keberadaan IPMI ini bisa menjadi wadah bagi para pengusaha muslimah di Indonesia untuk bersinergi dan mengembangan jaringan usaha, termasuk meningkatkan daya saing uaha dalam menghadapi tantangan ekonomi global," ungkap Inggrid kepada Koran SINDO, Jumat (18/12/2020).

Inggrid menambahkan, peran perempuan saat ini dilihat tidak hanya ‎dari ranah formal, juga di bidang nonformal. Terbukti, banyak perempuan Indonesia yang bisa mandiri dan aktif mengembangkan ide, sehingga tidak ada lagi kesenjangan gender antara perempuan dan laki-laki.
‎
Meski begitu, menurut pengamat kebijakan publik dari Univeritas Indonesia (UI) Sri Budi Eko Wardani, tidak banyak perempuan duduk di posisi jabatan tinggi birokasi. Puskopol UI mencatat hanya 22,38% perempuan yang duduk di jabatan struktural kementerian atau lembaga.

"Semakin ‎tinggi jabatan, semakin sedikit jumlah perempuan. Data Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menunjukkan bahwa untuk jabatan fungsional jumlah keterwakilan perempuan itu berimbang dengan laki-laki. Namun, di struktural jomplang," jelasnya.

Salah satu kendala untuk mempromosikan perempuan pada jabatan struktural tinggi karena beban ganda perempuan yang tidak dikenali secara formal dalam regulasi. Kedua, peraturan promosi karier di birokasi tidak mengakomodir kondisi perempuan yang memiliki beban ganda.

"Ini yang masih dipertanyakan, mengapa harus ada sumbatan untuk masuk ke posisi tinggi. Kita harus lihat persoalannya, bukan sekadar timpang atau sama. Masalah ini tidak bisa diselesaikan kalau negara tidak ambil alih, sehingga hanya perempuan tertentu yang bisa naik. Kalau negara tidak mengenali itu, enggak bisa," tambahnya.

Hal senada diungkapkan pengamat sumber daya manusia Handi Kurniawan. Menurutnya, banyak wanita yang mampu meniti karier sampai pada tahap manajer. Tapi, semakin tinggi jabatannya, semakin sedikit jumlahnya. "Menurut saya, masalahnya ada pada self limiting belief. Mindset seperti itu yang seharunya dihancurkan," ujar Handi.

Satu-satunya‎ hal yang menghalangi wanita dalam mencapai posisi top leader adalah pembatasan diri yang mereka lakukan. Sebagian dari wanita karier menganggap posisi yang mereka jabat sudah cukup memuaskan, sehingga tidak ingin meneruskan ke posisi lebih tinggi. Ketakutan akan meninggalkan urusan keluargalah yang melatar belakangi sikap para wnaita tersebut.

Tentu saja hal tersebut tidak selalu benar. Handi mengatakan, dia telah banyak melihat sosok pemimpin wanita yang dikenalnya bisa memiliki kehidupan pribadi dan karier yang seimbang. Keseimbangan jumlah antara pemimpin wanita dan pria pun sebenarnya cukup dibutuhkan. Beberapa perusahaan bahkan telah memberikan kuota khusus agar jumlah wanita bisa lebih banyak.

"Terlebih jika mereka ingin go global. Di luar negeri bahkan pemerintahannya cukup terbuka untuk menyediakan tempat bagi wanita hingga 40%. Tinggal bagaimana para wanita ini menyikapinya," jelasnya.

Selain itu, kehadiran wanita pun sebenarnya cukup dibutuhkan karena keahlian khas mereka. Handi menyatakan, sifat wanita yang lebih multitasking dan fokus dalam mengerjakan berbagai hal adalah beberapa keunggulan yang bisa mereka tonjolkan. Meski setiap wanita memiliki prioritasnya sendiri, sungguh disayangkan jika mereka tidak melihat potensi dan kerap membatasi diri. (Aprilia S Andyna)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)