Lagi Mudah Tersinggung? Waspada, Bisa Jadi Ini Tanda Kadar Gula Darah Anda Tinggi

loading...
Lagi Mudah Tersinggung? Waspada, Bisa Jadi Ini Tanda Kadar Gula Darah Anda Tinggi
Diabetes tipe 2 memiliki beberapa gejala peringatan kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia. Salah satunya mudah tersinggung. Anda harus mewaspadainya. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Resistensi insulin menyebabkan gula yang telah dipecah dari makanan bersirkulasi dalam aliran darah, alih-alih digunakan sebagai bahan bakar oleh sel-sel tubuh. Ini dikenal sebagai diabetes tipe 2 . Diabetes tipe 2 dianggap sebagai penyakit kompleks, segudang faktor berkontribusi terhadap resistensi insulin.

Diabetes tipe 2 terkait dengan diet rendah kalori dari makanan olahan dan junk food. Kondisi ini juga terkait dengan obesitas, tekanan darah tinggi, ketidakaktifan fisik, dan genetik. Perlu dicatat bahwa diabetes tipe 2 tidak terbatas pada orang yang mengalami obesitas atau mereka yang makan makanan yang tidak sehat. (Baca juga: Kopi yang Disaring Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2 )

Diabetes tipe 2 memiliki beberapa gejala peringatan kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia. Komunitas Diabetes Global mengidentifikasi empat gejala kadar gula darah tinggi dilansir dari Express, Selasa (22/12).

1. Meningkatnya rasa haus
Gejala ini termasuk merasa sangat haus atau dikenal sebagai polidipsia, yang bisa disertai dengan kekeringan mulut sementara atau berkepanjangan. Rasa haus yang meningkat terus berlanjut meskipun Anda minum dua liter cairan setiap hari. Ini adalah rasa haus yang tak terpuaskan yang tidak bisa dipuaskan dengan minum lebih banyak air.
Lagi Mudah Tersinggung? Waspada, Bisa Jadi Ini Tanda Kadar Gula Darah Anda Tinggi

2. Peningkatan buang air kecil
Menanggapi kadar gula darah tinggi, tubuh berusaha membuang kelebihan glukosa melalui urin. Secara medis, kondisi ini disebut poliuria, peningkatan buang air kecil termasuk buang air kecil dalam jumlah yang sangat banyak. Sering buang air kecil dalam jumlah besar bisa mencapai lebih dari tiga liter dalam sehari.



3. Kelelahan
Kelelahan ekstrim tidak hilang dengan istirahat atau tidur. Kelelahan dapat dikaitkan dengan ketidakmampuan tubuh untuk mendapatkan glukosa dari darah ke dalam sel untuk memenuhi kebutuhan energi. Adapun tanda-tanda kelelahan meliputi kurang atau tidak ada energi, kesulitan dalam melaksanakan tugas sehari-hari yang sederhana dan merasa down atau depresi (kelelahan mental). (Baca juga: Ahli Tarot Sebut Penjual Bakso Mirip Raffi Ahmad Harus Siap Mental di 2021 )

Jika Anda menderita kelelahan yang tidak diketahui penyebabnya selama tiga minggu atau lebih, disarankan untuk membuat janji dengan dokter untuk pemeriksaan.

4. Merasa tidak nyaman dan mudah tersinggung
Tanda peringatan lain dari kadar gula darah tinggi, menurut Komunitas Diabetes Global, adalah perasaan tidak nyaman dan mudah tersinggung. Badan amal informatif lain Beyond Type 2 menyarankan penggunaan pengukur gula darah, jika Anda telah didiagnosis dengan kondisi tersebut, untuk mengetahui kesehatan.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top