Sebelum Membuat Kue Natal, Pahami Dulu Perbedaan Dua Oven Ini

Jum'at, 25 Desember 2020 - 08:03 WIB
loading...
Sebelum Membuat Kue Natal, Pahami Dulu Perbedaan Dua Oven Ini
Oven biasa, juga dikenal sebagai oven konvensional, dan oven pemanggang adalah dua peralatan berbeda. / Foto: Ilustrasi/NDTV
A A A
JAKARTA - Bentuk, suhu, dan desain alat memasak memengaruhi kualitas makanan Anda. Oven biasa, juga dikenal sebagai oven konvensional, dan oven pemanggang adalah dua peralatan berbeda. Keduanya digunakan untuk memasak makanan menggunakan panas kering. Secara tradisional, hanya makanan padat seperti daging dan kentang yang dipanggang.

(Baca juga: Resep Ayam Kodok, Sajian Spesial Natal yang Dipengaruhi Belanda )

Seperti dilansir Live Strong, oven konvensional, bagaimanapun, dapat memasak baik makanan yang belum berbentuk, seperti adonan kue, dan hidangan daging terstruktur, seperti kalkun isi. Perbedaan antara memasak dalam dua oven ini berkisar dari penggunaan energi dan kenyamanan hingga kecepatan kelembapan.

Memasak dalam oven biasa membutuhkan pemanasan awal ditambah waktu yang dihabiskan untuk memasak makanan , sehingga menggunakan lebih banyak energi daripada oven pemanggang, yang memasak daging pada suhu sekitar 225 hingga 250 derajat fahrenheit. Selain itu, oven konvensional memasak makanan dengan mengelilinginya melalui sekotak besar panas yang mengalir.

Pasokan panas kering yang berlebihan ini menarik kelembapan dari daging, menghasilkan kalkun atau daging panggang yang kering. Sebaliknya, struktur tertutup dari oven pemanggang menjaga kelembapan internal daging tanpa memerlukan pengolesan yang konstan. Dalam oven konvensional, makanan tetap diam selama seluruh proses memasak, kecuali Anda membaliknya secara manual.

Hal ini memungkinkan panas untuk memasak beberapa bagian lebih sempurna daripada bagian lainnya. Dalam oven pemanggang, makanan digantung di atas sumber panas di rak. Kedekatan sumber panas dengan daging saat memasak membantu memasak makanan secara merata tanpa menyebabkan kelembapan berlebih.

Tidak seperti oven pemanggang, Anda tidak dapat memasukkan oven konvensional ke dalam laci setelah makan malam. Oven pemanggang dapat dikemas dengan mudah di bagian belakang karavan, dan Anda dapat membersihkan seluruh alat kurang dari lima menit. Meskipun oven konvensional tidak dapat menemani Anda ke perkemahan, rak berlapis ganda dan struktur kotaknya memungkinkan Anda memasak banyak makanan dalam waktu singkat.

(Baca juga: 7 Film Natal Terbaik Sepanjang Masa )

Di sisi lain, meskipun oven pemanggang menggunakan lebih sedikit energi dan ruang, oven hanya dapat memasak makanan dengan variasi dan jumlah yang terbatas. Apa pun yang lembut, berbahan dasar adonan, atau lembut tidak akan matang dalam oven pemanggang atau isinya bisa jatuh ke rak. Namun, oven konvensional dapat memasak dua makanan berbeda dengan kebutuhan pemanggangan yang berbeda sekaligus, seperti dua casserole dan selembar cookie.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0848 seconds (0.1#10.140)