Kaleidoskop Film 2020: Catatan Emas Parasite di Sederet Ajang Penghargaan Dunia

Senin, 28 Desember 2020 - 16:04 WIB
loading...
A A A
Tapi, tak hanya menggemparkan panggung Oscar, film bergenre dark comedy ini juga berjaya di banyak ajang penghargaan film besar lain di kancah internasional. Apa saja torehan prestasi yang diukir Parasite tersebut? Menghimpun berbagai sumber, Senin (28/12), ini dia ulasan singkatnya.

Kaleidoskop Film 2020: Catatan Emas Parasite di Sederet Ajang Penghargaan Dunia


1. Golden Globe Awards

Di ajang ini, Parasite masuk sebagai nominasi untuk tiga kategori, Best Motion Picture-Foreign Language, Best Director-Motion Picture, dan Best Screenplay- Motion Picture. Bong Joon Ho dan sang co-writer, Han Jin Won menyabet dua trofi kemenangan, yakni Best Motion Picture-Foreign Language dan Best Director.

2. SAG (Screen Actors Guild) Awards

Parasite tampil menjadi film berbahasa asing pertama yang berhasil memenangkan Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture di SAG, menjadikan seluruh para pemain inti Parasite yang hadir, pulang dengan menenteng trofi kemenangan masing-masing. Kemenangan Parasite di gelaran inilah yang makin menguatkan prediksi bahwa film tersebut akan berjaya di Oscar, sebab SAG Awards salah satu faktor penting untuk Oscar.

( )

3. London Critics’ Circle
Tak terduga, di ajang ini Parasite diumumkan sebagai pemenang untuk kategori penghargaan sekelas, Sutradara Terbaik dan Film of The Year.

4. Critics’ Choice Awards
Bong Joon Ho berhasil menyejajarkan diri bersama sutradara kenamaan dunia Sam Mendes di gelaran awards satu ini. Pasalnya, Bong Joon Ho didapuk sebagai juara untuk Sutradara Terbaik. Ditambah dengan Best Foreign Film untuk film Parasite itu sendiri.

5. British Academy Film Awards (BAFTA)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2551 seconds (0.1#10.140)