Cara Sederhana Tingkatkan Imunitas saat Pandemi, Cukup Istirahat dan Tidur Berkualitas!

Rabu, 30 Desember 2020 - 13:00 WIB
loading...
Cara Sederhana Tingkatkan Imunitas saat Pandemi, Cukup Istirahat dan Tidur Berkualitas!
Tidur berkualias adalah salah satu cara sederhana untuk meningkatkan imunitas tubuh. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Tidur berkualitas perlu untuk menjaga imunitas . Sayangnya pandemi terkadang membuat sebagian orang sulit tidur. Padahal kurang tidur dapat mempengaruhi sistem imun tubuh dan membuat tubuh rentan terhadap penyakit.

Tidur cukup di malam hari selain baik untuk tubuh juga bagus untuk kesehatan otak. Namun di tengah kondisi pandemi , terlebih ada ancaman virus baru, bisa jadi membuat kita menjadi gelisah ditambah dengan fakta kasus Covid-19 yang terus bertambah.

Dikatakan Brittany LeMonda, PhD selaku neuropsychologist di Lenox Hill Hospital, New York City, AS, tidur berhubungan dengan imunitas tubuh. “Jika kita tidak tidur, imunitas bisa berkurang dan meningkatkan inflamasi pada tubuh yang akhirnya tubuh menjadi mudah terserang virus atau apapun yang ada di lingkungan kita,” bebernya dikutip dari Healthline.

Baca juga : Resep Menjaga Imunitas ala Menparekraf Sandiaga Uno, Infused Water Buatan Istri

Dengan kata lain, kualitas tidur berperan penting dalam kemampuan tubuh melindungi diri dari virus corona . Jadi selain menerapkan protokol kesehatan, pertimbangkan tidur cukup sebagai bagian dari upaya pencegahan terinfeksi SARS-CoV-2.

Ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas. Dimulai dari menerapkan rutinitas tidur dalam keseharian. Banyak orang yang mengalami dampak dari pandemi ini. Ada yang menjadi pengangguran atau harus menyesuaikan diri bekerja dari rumah.

Belum lagi menyeimbangkan urusan rumah tangga dengan urusan belajar di rumah anak-anak. Hal ini tentulah bisa berpengaruh pada kualitas tidur. “Meski situasi seperti sekarang kita tetap harus menjaga rutinitas harian seperti biasa,” kata Navya Singh, PysD, psikolog dan peneliti di Columbia University.

Baca juga : Sering Beser dan Ngompol Malam Hari? Mungkin Ini Sebabnya!

Ia menyarankan walau bekerja dari rumah, usahakan bangun di jam yang sama setiap hari dan lakukan pekerjaan rumah tangga atau mulai berkutat dengan pekerjaan kantor Anda seperti biasa. Meski sedang di rumah saja, hindari tidur siang terlalu lama. Sebab hal ini justru akan membuat Anda merasa mengantuk sepanjang hari dan mengganggu waktu tidur malam.

Memiliki waktu tidur rutin akan membuat Anda terjaga sepanjang hari. Selain itu jangan biarkan diri Anda larut dalam sedentary lifestyle. Meski gym atau sanggar senam sedang tutup, lalukan saja olahraga di rumah. Olahraga bukan hanya bertujuan membuat badan tetap bugar namun kegiatan ini bisa membuat tidur lebih berkualitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2754 seconds (0.1#10.140)