Kiat Jaga Postur Tubuh agar Terhindar dari Masalah Kesehatan

Minggu, 10 Januari 2021 - 23:24 WIB
loading...
Kiat Jaga Postur Tubuh agar Terhindar dari Masalah Kesehatan
Ketika membungkuk di hadapan layar komputer, Anda menambah beban pada beberapa bagian penting tubuh. Foto Ilustrasi/Skinny Ms.
A A A
JAKARTA - Siapa yang suka tanpa sadar membungkuk? Ya, ini adalah kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Bukan hanya masalah estetika, faktanya postur membungkuk dapat berpengaruh pada kesehatan.

Sebaliknya, memperbaiki postur tubuh dapat mengurangi risiko nyeri, sakit, isu ketidakseimbangan tubuh, hingga masalah pernapasan yang dialami. Hal ini merujuk pada kiat dari National Institutes of Health (NIH). Postur meliputi cara berdiri dan duduk. Termasuk meliputi cara bergerak, dan menegakkan tubuh selama melakukan aktivitas bahkan ketika tidur.

( )

Menurut NIH, ada dua tipe postur yaitu postur statik. Ini adalah bagaimana posisi tubuh selagi duduk, berdiri, atau tidur. Yang kedua postur dinamik, yaitu posisi tubuh ketika bergerak misalnya posisi ketika berlari. Postur yang baik akan menyokong sendi, otot, tulang belakang, tendon, dan ligamen. Demikian dikatakan Tyler R. Koski, Direktur Northwestern Medicine Spine Center, seperti dikutip dari Self Magazine.

Jadi ketika membungkuk di hadapan layar komputer, Anda menambah beban pada beberapa bagian penting tubuh. Seiring waktu, kondisi ini akan membuat tubuh terasa nyeri terutama di area leher, bahu, punggung, lutut, dan pinggang.

Postur tubuh yang buruk juga dapat memengaruhi keseimbangan tubuh, yang membuat tubuh berisiko lebih sering jatuh atau tersandung. Dalam beberapa kasus, postur tubuh yang buruk dapat menekan diafragma dan menyebabkan masalah pernapasan. Masalahnya, banyak orang sudah memulai kebiasaan membungkuk sejak lama dan tidak pernah mengoreksinya.

“Postur yang buruk sering kali didapat dari kebiasaan,” kata Mike Murray,M.D., ahli bedah ortopedik.

Kebiasaan ini terbawa dalam melakukan berbagai aktivitas. Misalnya bermain ponsel dengan posisi duduk yang membungkuk.

Menjaga Postur Tubuh Ketika Berdiri

Lalu bagaimana menjaga postur tubuh yang baik ketika berdiri? Kita pasti ingin memiliki posisi berdiri yang dapat menyokong tulang belakang dengan baik. Sebelumnya harus diketahui bahwa tulang belakang memiliki tiga tulang yaitu di bagian leher, di bagian tengah punggung, dan bagian bawah punggung. Postur yang baik hendaknya menjaga tegaknya tiga tulang tersebut.

“Secara garis besar, jika kepala tegak maka bahu akan ke belakang, dan Anda ini adalah posisi normal yang bisa menjaga bentuk tubuh,” kata Christopher Wolf, M.D., Dokter Spesialis Bedah Ortopedi (Bedah Tulang) di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute, AS.

Postur tubuh yang baik juga melibatkan berdiri dengan sebagian besar berat badan ditumpukan pada tumit dan tangan di kedua sisi secara alami. Dalam posisi yang sudah baik ini, masukkan atau tahan perut untuk menghindari punggung melengkuk. Kaki luruskan sejajar bahu sehingga berat badan terdistribusi secara seimbang.

Menjaga Postur Tubuh Ketika Duduk

Saat duduk, punggung seharusnya dalam posisi tegak. Bahu seharusnya ke belakang, dan bokong menyentuh bagian belakang kursi. Banyak orang cenderung membungkuk ketika duduk. Maka itu, duduk dengan bokong hingga menyentuh belakang kursi, mencegah posisi membungkuk dan membuat bagian belakang tersokong.

Hindari menyilangkan kaki karena posisi ini menggeser panggul dan bisa memengaruhi punggung bagian bawah. Hindari duduk terlalu lama. Jadi berjalanlah setiap 30 menit sekali atau sekedar berdiri.

“Duduk dengan satu posisi membuat tekanan terjadi hanya di satu area,” kata Dr. Koski.

Cobalah untuk sesuaikan tinggi kursi sehingga Anda duduk dengan lutut sejajar dengan pinggang. Bahu dalam posisi rileks dan tangan berada juga dalam posisi santai di kursi atau meja.

Menjaga Postur Tubuh Ketika Tidur

Posisi tidur secara teknik juga terhitung sebagai tipe postur. Jika sering terbangun di pagi hari dan merasa tulang punggung nyeri atau sakit, dari leher hingga ke bagian bawah punggung, maka hendaknya mengubah posisi tidur. Misalnya orang yang menderita nyeri punggung bagian bawah, merasa tidur dengan posisi telentang. Tapi, ini tentu berbeda tergantung dari kondisi masalah tidur yang dialami.

( )

Misalnya tidur menyamping direkomendasikan bagi penderita sleep apnea. Jika Anda tidak merasakan nyeri ketika bangun di pagi hari itu artinya tidak perlu mengubah posisi tidur. “Pastikan pinggang sejajar dengan bahu dan leher dalam posisi netral,” Dr. Murray.

Berlatih yoga bisa membantu memperbaiki posisi tubuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)