Waspada! Bersepeda Ekstrem Bisa Bahayakan Fisik dan Mental

Senin, 11 Januari 2021 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Adapun untuk olahraga endurance misalnya bersepeda lebih dari satu jam, dr. Yohan mengingatkan pentingnya penggantian cairan dan elektrolit saat istirahat. “Natrium merupakan yang paling banyak hilang, diikuti dengan kalium, kalsium dan magnesium dalam jumlah yang lebih sedikit. Kehilangan elektrolit ini harus segera diganti karena dapat menyebabkan kram, mual muntah, kejang, gangguan irama jantung, bahkan pingsan,” ungkapnya.

Baca juga : Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Diet 1200 Kalori? Berikut Ini Tipsnya!

Kopi atau gorengan yang tinggi lemak jenuh, jelas bukan opsi yang baik. Dampaknya, peradangan di tubuh akan semakin meningkat dan bersifat merusak pembuluh darah dan saraf. Terlebih menyantap nasi padang atau sate kambing setelah bersepeda.

Dampaknya dalam jangka panjang tentu dapat menyebabkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, terutama pada pelaku olahraga intensitas tinggi. Makan porsi besar segera setelah bersepeda jarak jauh juga dapat 'memaksa' oksigen yang tadinya berkumpul di otot, jantung dan paru, pindah ke saluran pencernaan sehingga mengganggu pemulihan. Sri noviarni

(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)