Diabetes Tipe 2 Bisa Dihindari Sedini Mungkin, Begini Caranya!

loading...
Diabetes Tipe 2 Bisa Dihindari Sedini Mungkin, Begini Caranya!
Diabetes tipe 2 bisa dihindari dan dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Foto/Istimewa
JAKARTA - Hingga bulan Mei 2020 silam, International Diabetes Federation (IDF) melaporkan 463 juta orang dewasa di dunia penyandang diabetes (diabetesi) dengan prevalensi global mencapai 9,3%. Masalahnya, sebanyak 50,1% penyandang diabetes tidak terdiagnosis. Ini menjadikan status diabetes sebagai silent killer masih menghantui dunia.

Jumlah diabetesi ini diperkirakan meningkat 45% atau setara dengan 629 juta pasien per tahun 2045. Bahkan, sebanyak 75% pasien diabetes pada tahun 2020 berusia 20-64 tahun. Tapi tidak semenakutkan itu, diabetes pada dasarnya bisa dicegah. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sekalian menjalani pola hidup sehat.

Baca juga : 1,3 Juta Orang Siap Divaksinasi COVID-19 Tahap Pertama, Siapa Saja?

Pertama, memangkas berat badan. Pasalnya, berat badan berlebih atau bahkan obesitas merupakan faktor risiko terbesar yang bisa berkembang menjadi diabetes. Menurunkan berat badan bisa mencegah munculnya penyakit ini. Mengingat setiap kilogram berat badan yang berhasil diturunkan dapat mengurangi risiko diabetes hingga 16%.



Sementara itu Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K), menganjurkan kurangi asupan karbohidrat dan gula. “Bila kita mengonsumsi terlalu banyak gula maka risiko terkena diabetes pun semakin tinggi,” imbuh dr. Fiastuti.
Kemudian rutin berolahraga.

Olahraga dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Di antaranya mencegah penyakit, meningkatkan stamina, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan kualitas hidup. “Agar mendapat hasil yang maksimal bagi kesehatan, aktivitas fisik harus dilakukan dengan prinsip baik, benar, teratur, dan terukur,” kata dr. Michael Triangto, SpKO.

Baca juga : Kenapa Penderita Diabetes Harus Rajin Konsumsi Brokoli? Ini Penjelasannya!



Bagi yang menyukai minuman kekinian yang identik dengan rasa manis berlebih dan kalori yang tinggi, mulai sekarang batasi konsumsinya. Lebih baik hanya memilih air putih sebagai minuman. Minuman bergula seperti soda dan lainnya meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Perlu diketahui, selain mengelola asupan nutrisi yang masuk setiap harinya, Anda juga harus mengelola stres.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top