Memulai Program Hamil, Ini Asupan Makanan Sehatnya

loading...
Memulai Program Hamil, Ini Asupan Makanan Sehatnya
Foto/Ilustrasi/Ist
JAKARTA - Mengonsumsi makanan sehat untuk program hamil sangat dianjurkan para ahli agar cepat hamil. Tidak hanya istri, kesempatan hamil akan semakin besar, jika suami juga bekerja sama mengonsumsi makanan sehat.

Dalam hal ini makanan sehat yang dianjurkan berupa makanan bergizi seimbang mengandung vitamin dan mineral.

Dijelaskan spesialis gizi klinik RSU Bunda Jakarta, dr Marya Haryono, SpGK nutrisi dari makanan berfungsi menjaga atau mempersiapkan tubuh agar selalu sehat.

"Syarat tubuh bisa bekerja maksimal itu gizi seimbang. Kalo seseorang udah bisa makan gizi seimbang, itu dalam kondisi sehat dan untuk orang yang mau program hamil, harus makan banyak protein tinggi dan penuhi lemak tidak jenuh," jelas dr Marya saat acara promil di rumah aja, Kamis (16/4/2020).



Lemak tidak jenuh bisa didapat dari banyak sumber makanan, seperti olive oil, alpukat hingga beberapa jenis ikan.

Sementara saat ini dikatakan dr Marya banyak orang kurang mengonsumsi protein dan lebih didominasi oleh makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti makanan yang digoreng.

"Tanpa ada WFH saja kita cenderung suka makanan cepat diolah dan digoreng. Apalagi seperti saat ini, tinggal di rumah buat orang lebih cepat makan makanan digoreng," kata dr Marya.



Selain itu, pasangan yang ingin memulai program hamil juga wajib meningkatkan konsumsi makanan antioksidan yang berasal dari sayur dan buah.

Makanan yang pengaruhi kesuburan laki-laki dan perempuan seperti asam folat, zinc, zat besi, vitamin E, vitamin B dan selenium juga dianjurkan dr Marya untuk ditingkatkan.

"Cukup basic hal-hal yang mirip mengoptimalkan kesehatan. Baik laki-laki dan perempuan harus memperhatikan apa saja yang harus dikonsumsi," tandasnya.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top