Belajar dari Kasus Raffi Ahmad, Setelah Divaksin Jangan Lakukan Ini!

Kamis, 14 Januari 2021 - 10:56 WIB
loading...
Belajar dari Kasus Raffi Ahmad, Setelah Divaksin Jangan Lakukan Ini!
Antibodi tak langsung terbentuk sesudah divaksin COVID-19. Untuk itu tetap jaga protokol kesehatan usai divaksin. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Belajar dari kasus presenter Raffi Ahmad , setelah menerima vaksin COVID-19 , idealnya tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Para ahli telah memperingatkan bahwa bahkan saat vaksinasi dimulai, tindakan pencegahan COVID-19 berupa 3M, tidak boleh dihentikan dengan cepat. Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan ini dan akan bertahan lebih lama.

Dilansir dari Times Now News, Kamis (14/1) para ahli menjelaskan, bahwa meskipun orang yang divaksinasi mungkin tidak sakit parah karena virus, kemungkinan besar mereka dapat menyebarkannya, dan menyebabkan infeksi pada orang yang belum divaksinasi. Oleh karena itu, penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Baca juga : Nongkrong Tanpa Masker Usai Divaksin, Raffi Ahmad Tuai Kritikan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan, membangun kekebalan biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu. Sedangkan, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat, bahwa vaksin Covid-19 bukan obat. Vaksin merupakan pencegahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona baru.

Apoteker penyakit menular di Ohio State University Wexner Medical Center, Debra Goff memaparkan, mendapatkan vaksin tidak berarti dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari dari kehidupan sebelum pandemi Covid-19.

"Saya pikir persepsi orang adalah Anda mendapatkan vaksin dan Anda aman dan akhirnya kita bisa menghentikan semua penyamaran dan jarak sosial dan sebagainya, tapi itu sebenarnya bukan kenyataan," papar Goff, juga seorang profesor farmasi di OSU dilansir dari Business Insider.

Baca juga : Berkumpul Pasca Vaksinasi, Istana Bakal Nasehati Raffi Ahmad

"Untuk saat ini, demi kebaikan sesama umat manusia, Anda harus terus memakai masker dan menjaga jarak fisik," tambah Goff.

Alasan lain untuk melakukannya adalah diperlukan waktu 10 hingga 12 hari setelah mendapatkan dosis pertama vaksin agar efektif melawan virus corona baru. Meski begitu, ini hanya efektif 52%. Vaksin tidak mencapai kemanjuran penuh yakni sekitar 95%, sampai setelah dosis kedua yang diberikan sekitar tiga hingga empat minggu kemudian.

Selain itu, setelah vaksinasi, seseorang belum bisa mulai berbaur dan berkumpul. Menurut Goff, saat ini, berkumpul tetap menjadi aktivitas yang berisiko, bahkan jika Anda sudah divaksinasi, terutama karena Anda bisa saja tanpa sadar menularkan virus ke orang lain yang tidak divaksinasi.

Baca juga : Habis Divaksinasi, Raffi Ahmad Akui Tak Rasakan Apapun

Tetapi kejadian seperti itu akan menjadi kurang berisiko jika dan ketika Anda mengetahui apakah vaksin melindungi dari penularan. Di sisi lain, semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin banyak yang akan dipelajari secara real time.

Sementara itu, makan dan minum di dalam ruangan tanpa masker tetap berisiko karena mungkin saja virus dapat ditularkan melalui aerosol kecil dan ringan, bukan hanya tetesan pernapasan yang dapat mengapung dan bertahan di ruang berventilasi buruk. Jadi bahkan jika Anda divaksinasi, dan sampai kebanyakan orang, mengabaikan protokol kesehatan dapat menyebabkan penyebaran virus corona baru.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)