Enam Manfaat Kesehatan yang Bisa Dipetik dari Rambutan

Sabtu, 16 Januari 2021 - 06:46 WIB
loading...
Enam Manfaat Kesehatan yang Bisa Dipetik dari Rambutan
Tidak hanya buahnya, daun, biji bahkan kulitnya juga mempunyai sejumlah manfaat bagi tubuh Anda. / Foto: Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Buah rambutan sangat sering dijumpai di kawasan Asia, terutama di Indonesia. Buah ini merupakan tanaman tropis yang mirip dengan buah leci dan lengkeng.

Baca juga: Pernah Coba Bawang Hitam? Banyak Banget Lho Manfaatnya buat Kesehatan

Rambutan memiliki bentuk bulat seperti telur dengan warna merah muda, merah terang atau merah tua. Buah ini ditutupi dengan kulit tipis dan beberapa struktur runcing yang menyerupai rambut.

Di balik keunikannya, ternyata rambutan memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Tidak hanya buahnya, daun, biji bahkan kulitnya juga mempunyai sejumlah manfaat bagi tubuh Anda. Dan berikut manfaat buah rambutan seperti menukil laman Boldsky.

1. Meningkatkan energi

Kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi dalam buah rambutan memainkan peran penting dalam meningkatkan energi bagi tubuh. Selain itu, adanya varietas vitamin B dalam buah rambutan dapat membantu dan meningkatkan metabolisme energi, sehingga mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh Anda.

2. Kaya vitamin C

Rambutan memiliki kandungan vitamin C, yang merupakan antioksidan penting yang relevan dengan kekebalan tubuh Anda sehingga membantu dalam memerangi radikal berbahaya karena manfaat vitamin C bagi tubuh Anda tidak terbatas. Kekayaan vitamin C juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga meningkatkan kualitas darah.

3. Mengurangi sembelit

Buah rambutan juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang berdampak langsung pada peningkatan gerakan usus Anda. Serat ini akan bertindak sebagai katalisator dalam pencernaan sehingga lebih baik, dan membantu menurunkan kemungkinan gangguan pencernaan serta sembelit

4. Membantu menurunkan berat badan

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, rambutan rendah kalori, ditambah dengan kadar air yang tinggi, buah ini dapat membantu mengurangi kelaparan konstan.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Mengkonsumsi buah rambutan dapat menambahkan kandungan zat besi, kalsium, dan fosfor dalam jumlah yang baik ke tubuh Anda. Elemen tersebut berkontribusi untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda, dengan memperbaiki dan membuat tulang lebih kuat dan mengurangi kemungkinan patah tulang.

Baca juga: Waspadai Serangkaian Gejala Covid-19 yang Tidak Umum

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah rambutan memiliki dampak positif pada peningkatan kesehatan jantung Anda karena vitamin C dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah timbulnya penyakit, dan dengan menghilangkan radikal berbahaya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)