Covid-19 Bisa Menyerang Jantung, Waspada Ini Gejalanya!

Kamis, 21 Januari 2021 - 15:55 WIB
loading...
A A A
Baca Juga : Kelola Kadar Gula Darah Diabetes Tipe 2 dengan Konsumsi Jeruk dan Tomat

3. Saturasi oksigen

Komplikasi umum ketika virus menghalangi aliran darah beroksigen dalam tubuh, kondisi seperti hipoksia, disorientasi, kebingungan, bibir atau wajah kebiruan juga bisa menjadi sinyal gangguan jantung. Gangguan apa pun pada aliran darah dapat menyebabkan penggumpalan, meningkatkan peradangan, dan mempersulit jantung untuk melakukan tugasnya.

Aritmia, mengalami kebingungan, kesulitan bicara, keringat berlebih adalah gejala gagal jantung yang perlu mendapat perhatian sekaligus.

4. Nyeri dada

Nyeri dada, sebagai gejala adalah sesuatu yang berhubungan dengan penurunan fungsi paru-paru, sesak napas, serta kerusakan jantung. Dalam kasus Covid-19, penggandaan dan penyebaran virus dapat menghilangkan organ-organ vital, seperti jantung dari darah beroksigen yang sehat, yang dapat merusak otot-otot jantung dan mengakibatkan nyeri dada, atau angina.

Nyeri dada juga dianggap sebagai salah satu tanda pertama serangan jantung. Ini bisa membuat tidak nyaman, terasa seperti mengalami rasa sakit meremas atau menarik di sekitar dada dan leher. Dalam beberapa kasus, nyeri dada yang ekstrem dan berdenyut serta denyut jantung yang berfluktuasi juga dapat menyebabkan pingsan.

Baca Juga : Fitness Bikin Badan Jadi Pendek, Fakta atau Hoax?

5. Menderita POTS

Beberapa peneliti percaya bahwa pasien Covid-19, terutama yang melakukan perjalanan jauh dapat menghadapi kondisi seperti POTS atau sindrom takikardia ortostatik postural, yang merusak sistem saraf, menyebabkan ketidakseimbangan detak jantung, tingkat tekanan darah yang tidak biasa. Takikardia juga dapat bermanifestasi menjadi gejala seperti pusing, sirkulasi darah menurun, menyebabkan jantung berdebar-debar, pusing, kekebalan tubuh yang terganggu, yang semuanya dianggap sebagai gejala awal gangguan jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2350 seconds (0.1#10.140)