Konsumsi Buah Langsung Bantu Proses Penyerapan Gizi

loading...
Konsumsi Buah Langsung Bantu Proses Penyerapan Gizi
Makan buah secara langsung lebih dianjurkan karena akan membantu proses penyerapan gizi oleh tubuh. (Foto: Sindonews/Eko Purwanto)
BANYAK manfaat dari rutinitas memakan buah . Tetapi, kini orang lebih banyak memilih minum ekstrak buah seperti jus ketimbang memakan langsung buahnya.

Mengonsumsi jus buah baik dalam bentuk kemasan siap minum ataupun yang diblander sendiri memang memiliki banyak kelebihan. Salah satunya, lebih praktis.

Artis Olivia Jensen contohnya. Wanita berambut panjang ini mengaku rutin mengonsumsi jus sebagai detoks pada pagi hari. Da mengaku jus adalah minuman favoritnya, dan resep itu adalah warisan dari sang ibu. Bahan utama jus yang dikonsumsi Olivia adalah wortel dan apel.

"Wortel dan apel adalah buah paling lengkap kandungan vitamin dan mineralnya. Wortel terkenal banget dengan fungsinya mendetoks tubuh, sedangkan apel sangat bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Untuk menambahkan rasa jus, aku menambahkan sedikit nanas dan jahe," turur Olivia, Kamis (20/01/2021). Baca juga: Awet Muda Ini Manfaat Serum Wajah dengan Kandungan Buah Plum



Olivia mengaku lebih senang mengonsumsi buah-buahan tersebut dengan cara dijus karena dirinya bisa mengonsumsi 2 sampai 3 jenis buah sekaligus. "Alasannya di samping karena bisa mendapat mendapatkan manfaat secara bersamaan. Kalau dibuat jus bisa praktis dan buahnya juga tidak mudah berubah warna karena bisa didinginkan dahulu," tutur wanita berdarah Denmark ini.

Jus buah memang menawarkan kepraktisan saat dikonsumsi karena bisa dengan mudah dicampur secara bersamaan. ā€ˇProses menjus buah dibuat dengan melakukan ekstraksi atau pengepresan cairan alami yang terkandung dalam buah-buahan.

Tapi, benarkah minum jus buah itu baik, dan mana yang lebih sehat minum jus atau makan buah segarnya langsung? Dari kedua cara ini, mengonsumsi buah secara langung lebih baik. Buah yang dikunyah sangat bermanfaat untuk proses penyerapan kandungan gizi tubuh.



Dokter gizi klinik dari rumah sakit Mitra Keluarga Bekasi, Stella Bela, menjelaskan, paling bagus mengonsumsi buah dengan cara dimakan langsung (dikunyah). Saat proses mengunyah, kelenjar air ludah (saliva) dan enzim dalam mulut akan memecah karbohidrat pada buah. Sehingga, buah akan mudah dicerna saat masuk kesaluran pencernaan.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top