Dukung Perhotelan Kembali Pulih, S2i Kenalkan Inovasi Terbaru

Selasa, 26 Januari 2021 - 13:03 WIB
loading...
Dukung Perhotelan Kembali Pulih, S2i Kenalkan Inovasi Terbaru
Dunia perhotelan membutuhkan strategi khusus untuk bertahan dari tantangan Covid-19. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Guna lebih menghemat waktu check-in di hotel , PT Sinergi Solusi Integrasi (S2i) memperkenalkan kiosk self check-in dan sanitizer UV otomatis bernama SelfQ dan Yuvi. Alat tersebut juga dapat membantu menjaga jarak fisik antara para tamu dan tidak ada interaksi fisik dengan resepsionis.

Baca juga: Positif Covid-19, Donna Agnesia Tetap Happy

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun lalu memberikan dampak yang luar biasa terhadap berbagai sektor, dari bidang pendidikan hingga dunia usaha, tak terkecuali perhotelan . Dibutuhkan strategi khusus untuk bertahan dari tantangan Covid-19.

"Industri perhotelan termasuk yang paling parah terkena dampak pandemi Covid-19. Di era new normal , kami ingin membantu mereka pulih dengan memberikan solusi yang akan meningkatkan penjualan sekaligus mengurangi biaya pada saat yang bersamaan," ujar Direktur Operasional S2i, Adrian Siaril dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (26/1).

Menurut Adrian, SelfQ merupakan mesin kiosk yang membuat pelanggan bisa melakukan self check-in/out mandiri dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, hal itu juga lebih meminimalkan kontak dengan karyawan hotel serta mendukung penerapan physical distancing dengan mengurangi antrean saat check in/out. Kiosk SelfQ juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana penyampaian informasi seputar hotel seperti promosi, iklan, yang sesuai dengan kebutuhan setiap hotel.

Lebih jauh, Adrian memaparkan jika inovasi produk yang dilakukan S2i tidak ditujukan untuk menghilangkan aspek kemanusiaan pada sebuah hotel, melainkan memberikan kesempatan bagi para staf hotel untuk memaksimalkan pelayanan kepada tamu dalam hal yang lebih penting, seperti penjamuan, pengantaran, dan komunikasi. "Kiosk self check-in justru membebaskan staf hotel dari pekerjaan administratif yang tidak memberikan nilai tambah kepada tamu," sambungnya.

Dukung Perhotelan Kembali Pulih, S2i Kenalkan Inovasi Terbaru


Pada kesempatan ini, Adrian juga mengenalkan Yuvi, sebuah alat sanitizer otomatis berbasis sinar UVC yang terbukti sangat efektif dalam membunuh virus dan bakteri di tempat-tempat yang paling sering disentuh oleh manusia.

"Alat ini bekerja dengan memadukan sinar UVC dan sensor pendeteksi gerak, yang merupakan inovasi pertama di Indonesia. Selain dapat memaksa penerapan standar kebersihan juga lebih efisien daripada penggunaan hand sanitizer karena tidak perlu melakukan isi ulang yang akan berdampak pada biaya operasional," terangnya.

Baca juga: Kunjungi Batam, Sandiaga Uno Tunjukkan Bukti Pentingnya Percepatan Bangkitnya Wisata

Sementara itu, studi yang dilakukan American Journal of Infection Control (AJIC), menyebut sinar UVC ampuh untuk membunuh SARS-CoV-2 pada permukaan sekitar laboratorium. Disebutkan jika sinar ultraviolet ini ampuh untuk mengurangi jumlah virus corona yang masih hidup sebesar 99,7% hanya dalam 30 detik. Jenis sinar UVC yang digunakan pada penelitian ini disebut dengan sinar UVC jauh, yang panjang gelombangnya di kisaran 207 hingga 222 nanometer.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3058 seconds (0.1#10.140)