10 Kebiasaan yang Bisa Sabotase Kesehatan Anda

loading...
10 Kebiasaan yang Bisa Sabotase Kesehatan Anda
Ada beberapa kebiasaan harian yang tanpa kita sadari dapat menurunkan kesehatan, baik fisik maupun mental. Foto Ilustrasi/Healthyfood.com
JAKARTA - Semua orang pasti tahu kalau merokok berbahaya , sama halnya dengan menyantap terlalu banyak makanan hasil prosesan.

Tapi ada loh beberapa kebiasaan harian yang tanpa kita sadari dapat menurunkan kesehatan , baik fisik maupun mental. Apa saja? Simak ulasan berikut, seperti dikutip dari Verywell Health.

Baca Juga: Kimchi Terbukti Mampu Turunkan Hipertensi dan Kolesterol

1. Mengingat Kembali Momen Stres
Mengulang ingatan kembali tentang momen stres di masa lalu, entah itu lima menit atau bahkan lima tahun lalu, tidak baik dampaknya untuk kesehatan psikologis Anda. Berdasarkan penelitian, dapat meningkatkan gejala depresif. Semakin sering memikirkan kejadian yang membuat stres, semakin mungkin mereka menderita depresi. Baiknya lupakan hal tidak menyenangkan di masa lampau, dan fokus akan masa depan!

2. Curhat ke Teman
Mungkin Anda berpikir curhat ke teman dapat membantu melepas emosi negatif. Tapi bukan melepas perasaan negatif, studi menunjukkan hal itu malah menguatkan emosi negatif. Studi tahun 2011 yang dipublikasikan di Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology menunjukkan kalau anak yang sering curhat masalahnya kepada teman lebih mungkin terdiagnosa depresi. Curhat juga tidak baik untuk wanita. Studi yang dipublikasikan di Hormones and Behavior menemukan, membicarakan masalah kepada teman meningkatkan kadar hormon stres wanita.



3. Mengkritik Diri
Sering menyebut diri bodoh setiap kali melakukan kesalahan? Ini buruk bagi kesehatan mental. Studi tahun 2014 yang dipublikaskikan di Personality and Individual Differences menemukan, kritik terhadap diri sendiri dapat meningkatkan gejala depresif. Sebaliknya, kasih sayang terhadap diri sendiri dihubungkan dengan kesehatan psikologis yang lebih tinggi dan kemampuan beradaptasi dalam situasi sulit.

4. Banyak Habiskan Waktu Browsing Media Sosial
Entah browsing Facebook, Pinterest, atau media sosial lain, yang jelas kebiasaan ini merugikan kesehatan mental. Ironisnya, studi menemukan bahwa media sosial, platform yang sengaja dibuat untuk menghubungkan orang, justru membuat penggunanya merasa terisolasi. Semakin banyak waktu dihabiskan untuk mengunjungi situs media sosial, semakin merasa penggunanya terisolasi.

Isolasi sosial ini berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik. Melihat foto liburan teman atau mobil barunya lewat media sosial, bisa membuat perasaan iri. Penelitian membuktikan rasa iri meningkatkan risiko depresi. Studi juga menunjukkan, waktu yang dihabiskan pada media sosial menurunkan mood seseorang. Alihkan energi Anda dengan berinteraksi langsung dengan orang lain.



5. Begadang
Penelitian menunjukkan, waktu tidur sangatlah berharga. Begadang dan menunda waktu tidur hingga pagi hari, meningkatkan risiko kesehatan. Memang tampaknya bagi sebagian orang tidur dan bangun di waktu yang terjadwal agak sulit. Tapi seiring waktu hal ini menjadi terbiasa.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top