Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

Rabu, 27 Januari 2021 - 04:16 WIB
loading...
Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?
Temulawak kerap digunakan untuk membuat obat. Foto/Health Benefits Times
A A A
JAKARTA - Temulawak merupakan tanaman yang berasal dari hutan Indonesia dan semenanjung Malaysia. Akar dan rimpang (batang bawah tanah) digunakan untuk membuat obat . Hati-hati, jangan sampai temulawak tertukar dengan kunyit. Ini adalah tanaman berbeda dengan efek berbeda pula.

Temulawak digunakan untuk gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus besar (IBS), serta berbagai keluhan lambung, hati, dan kandung empedu. Temulawak juga dipercaya bermanfaat untuk perut kembung setelah makan, serta memberikan perasaan kenyang dan meningkatkan nafsu makan. Namun, bukti lebih lanjut diperlukan untuk menilai efektivitas temulawak untuk penggunaan ini.



Temulawak mengandung zat yang dapat merangsang produksi empedu. Gangguan jangka panjang pada usus besar yang menyebabkan sakit perut (sindrom iritasi usus besar atau IBS), mengonsumsi ekstrak temulawak tampaknya tidak memperbaiki gejala pada penderita IBS.

Temulawak aman bagi kebanyakan orang jika digunakan dalam waktu singkat, hingga 18 minggu. Namun temulawak tidak aman jika digunakan dalam jumlah banyak atau dalam jangka waktu lama. Ini dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual.

Takaran yang tepat dari temulawak tergantung dari beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Saat ini belum ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk temulawak. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosis sangat penting.



Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker, dokter, atau profesional perawatan kesehatan lain sebelum menggunakannya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2690 seconds (0.1#10.140)