Tidur 9-10 Jam Tiap Malam Cenderung Bikin Obesitas

Jum'at, 29 Januari 2021 - 03:46 WIB
loading...
Tidur 9-10 Jam Tiap Malam Cenderung Bikin Obesitas
Hubungan antara tidur dan obesitas ini tetap sama meskipun asupan makanan dan olahraga diperhitungkan. / Foto: Ilustrasi/Food Navigator
A A A
JAKARTA - Tidur berlebihan telah dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, dan kematian dini. WebMD melaporkan bahwa orang yang tidur selama sembilan atau 10 jam setiap malam lebih cenderung menjadi obesitas. Ini menjelaskan bahwa 21% lebih mungkin menjadi gemuk selama periode enam tahun dibandingkan dengan orang yang tidur antara tujuh dan delapan jam per malam.

Baca juga: Tak Hanya Sebabkan Anemia, Kurang Zat Besi Juga Hambat Perkembangan Otak Anak

Yang mengejutkan, hubungan antara tidur dan obesitas ini tetap sama meskipun asupan makanan dan olahraga diperhitungkan. NHS mengidentifikasi obesitas ketika ukuran pinggang besar, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Di mana pria dengan ukuran pinggang 94cm dianggap obesitas, seperti halnya wanita dengan lingkar pinggang 80cm.

Dilansir dari Daily Express, Kamis (28/1), obesitas dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa, seperti diabetes tipe 2, kanker payudara dan usus, serta stroke. Obesitas mengurangi harapan hidup rata-rata tiga sampai 10 tahun.

Selain obesitas, WebMD mengutip penelitian lain yang mengaitkan kelebihan tidur dengan penyakit jantung. The Nurses Health Study melibatkan hampir 72.000 wanita, yang kebiasaan tidurnya dianalisis. Dari sini, para peneliti mencatat bagaimana wanita yang tidur 9-11 jam/malam ditemukan 38% lebih mungkin menderita penyakit jantung koroner dibandingkan wanita yang tidur selama delapan jam setiap malam.

Penyakit jantung koroner menggambarkan kapan suplai darah jantung diblokir atau terganggu oleh timbunan lemak di arteri koroner, suatu proses yang dikenal sebagai aterosklerosis. Penyakit jantung koroner tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dicegah dan bangun dari tempat tidur setelah delapan jam istirahat dapat membantu.

Medical News Today menyatakan ada banyak alasan psikologis mengapa seseorang kurang motivasi untuk bangun dari tempat tidur. Ini bisa termasuk depresi, stres, kecemasan yang semuanya bisa memburuk jika Anda menekan tombol snooze. Kondisi lainnya disebabkan kamar yang sangat gelap yang bagus untuk tertidur, tetapi tidak terlalu bagus ketika Anda perlu bangun di pagi hari.

Orang yang berjuang untuk bangun dari tempat tidur akan mendapatkan keuntungan dari berinvestasi pada jam alarm yang mencerahkan kamar Anda saat berbunyi. Mungkin juga membantu untuk membuka tirai, untuk mencegah Anda kembali ke tempat tidur. Jika Anda mendengarkan musik untuk meningkatkan suasana hati, atau saat berolahraga, bangun dengan musik yang ceria dapat mendorong untuk memulai hari lebih awal daripada mendengar suara yang lebih membingungkan.

Baca juga: Jalan Cepat Terbukti Tingkatkan Umur Panjang

Adanya tanggung jawab untuk orang lain bisa menjadi motivator yang baik untuk membantu bangun di pagi hari. Seperti halnya melakukan panggilan telepon lebih awal dengan orang yang dicintai. Trik lain adalah mengubah perspektif dengan fokus pada peristiwa menyenangkan yang Anda nantikan. Ini bisa sesederhana sarapan yang lezat, seteguk teh atau kopi, dan perasaan setelah berolahraga.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)