Ini Alasan Vaksin Covid-19 Diberikan 2 Kali

Jum'at, 29 Januari 2021 - 07:30 WIB
loading...
Ini Alasan Vaksin Covid-19 Diberikan 2 Kali
Masih banyak masyaraka yang bingung soal pemberian vaksin dua kali. Begini penjelasanya! Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Masih banyak masyaraka yang bingung soal pemberian vaksin dua kali. Hal ini diketahui saat Presiden Jokowi, termasuk Raffi Ahmad mendapat vaksin untuk kedua kalinya pada, Rabu 27 Januari lalu.

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan vaksinasi tahap pertama pada Rabu 13 Januari 2021. Vaksinasi ini diprioritaskan kepada para tenaga kesehatan (Tenkes) sebagai garda terdepan yang menangani Covid-19.



Alhasil tak sedikit masyarakat yang bingung mengapa proses vaksinasi dilakukan dua kali? Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (28/1/2021) berikut penjelasannya.

“Vaksin Covid-19 produksi Sinovac dan bekerjasama dengan PT Bio Farma yang digunakan di Indonesia memiliki dua dosis yang disuntikkan dengan interval 2 minggu (14 hari),” tulis unggahan tersebut.

Apa beda dosis pertama dan kedua? Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh dan memicu respons kekebalan awal.



Dosis kedua (Booster) berfungsi untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk sebelumnya.

Antibodi baru akan optimal setelah 14-28 hari pasca suntikan kedua dilakukan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)