Tips Menghilangkan Kantung Mata, Begini Caranya!

Minggu, 31 Januari 2021 - 16:30 WIB
loading...
Tips Menghilangkan Kantung Mata, Begini Caranya!
Kantung mata bisa mengurangi penampilan seseorang. Tidur cukup adalah satu cara menghindarinya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Masalah kantung mata kerap menghampiri wanita. Hal ini terjadi karena terbentuknya gelembung air pada bagian mata bawah yang disebabkan akibat tidak cukup istirahat . Kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bagian bawah mata melebar dan menimbulkan warna gelap. Bisa juga karena mata selalu dipaksa untuk melihat dan bekerja sehingga mata menjadi lelah. Kekenduran jaringan di sekitar mata sebagai akibat dari proses penuaan juga berdampak pada kemunculan kantung mata.

Seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Kulit juga akan mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata.Selain itu, lemak yang berada di sekitar mata juga akan bergerak ke daerah sekitar bawah mata sehingga terlihat bengkak atau muncul kantung mata. Perubahan ini bertambah seiring waktu dan tidak bersifat sementara. Penyebab lain adalah pola makan yang kurang baik. Kekurangan cairan dan protein tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan, tapi juga dapat memengaruhi area bawah mata.

Alergi juga bisa menimbulkan kantung mata. Pada rinitis alergi misalnya, terjadi peradangan di hidung oleh karena reaksi alergi. Gejala yang timbul meliputi bersin-bersin dan mata berair, dapat diiringi dengan timbulnya kantung mata dan lingkar hitam di bawah mata. Kebiasaan merokok, terlalu banyak mengonsumsi kafein, menangis, kelainan pada kulit, atau adanya peradangan dan infeksi di kelopak mata atau di sekitar kulit mata juga bisa menyebabkan munculnya kantung mata. Walau tidak menimbulkan rasa sakit, tapi tentunya mengganggu penampilan terutama bagi kaum Hawa. Wajah menjadi terlihat lebih tua dan tidak segar. Simak tips menghilangkan kantung mata di bawah ini:

Baca Juga : Kontribusi Atasi Pandemi, Peneliti Ditantang Kembangkan Sel Punca sebagai Terapi COVID-19

1. Istirahat cukup.Penuhi kebutuhan istirahat Anda yakni kurang lebih delapan jam setiap hati.Karena kurang tidur akan membuat kulit di sekitar mata seperti mata panda.

2. Hidrasi tubuh penting.Cukup kebutuhan tubuh akan cairan. Cara ini juga dapat membantu kesegaran kulit.

3. Hindari kafein.Sebaiknya hindari atau jika tidak bisa minimal kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan kadar alkohol tinggi.

4. Hindari mengucek mata.Jangan banyak mengucek mata. Apabila ada alergi seputar mata, segera berobat ke dokter mata.

5. Kompres.Jika muncul kantung mata, kompres mata selama 10 hingga 15 menit dengan menggunakan beberapa bahan yang telah didinginkan. Seperti mentimun, wortel yang sudah dilapisi kain, atau kantung teh hijau.

Baca Juga : Ini Tips Pola Diet Cerdas dan Sederhana saat Pandemi

6. Kurangi konsumsi garam.Hindari mengonsumi garam berlebihan pada makanan. Karena garam akan mengikat cairan dalam tubuh. Kelebihan garam membuat kulit cepat kering, termasuk kulit di area mata.

7. Lakukan perawatan.Tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan kulit dan area sekitar mata. Perawatan dari dokter kecantikan, dapat mengatasi keluhan kantung mata melalui prosedur operasi yang dinamakan blepharoplasty. Sebelum melakukan prosedur tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai risiko, prosedur operasi, efek samping, dan sejarah kesehatan Anda.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)